Trending

Pemimpin Tertinggi Iran tunjuk Wapres Mokhber sebagai kepala eksekutif - Beritaja

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Teheran (BERITAJA) - Pemimpin Tertinggi Revolusi Islam Iran Ayatollah Seyyed Ali Khamenei telah menunjuk Wakil Presiden Iran Mohammad Mokhber sebagai kepala Eksekutif.

Pemimpin Tertinggi Iran mengumumkan penunjukan tersebut pada Senin, sehari setelah Presiden Ebrahim Raisi dan tim pendampingnya menjadi martir dalam kecelakaan helikopter barat laut provinsi Azerbaijan Timur.

Ayatollah Khamenei mengeluarkan pesan belasungkawa, di mana dia mengatakan bahwa Mokhber bakal mengambil alih kekuasaan berasas Pasal 131 Konstitusi Iran.

Dia juga menugaskan Mokhber dan kepala dua bagian pemerintahan Iran lainnya, ialah ketua kehakiman dan ketua parlemen, untuk mempersiapkan pemilihan presiden baru dalam waktu paling lama 50 hari.

Baca juga: Iran umumkan hari berkabung nasional selama lima hari

Tidak ada gangguan dalam manajemen negara

Dalam rapat kabinet darurat pada Senin, Mokhber meminta personil kabinet untuk terus bekerja dengan percaya diri dan sekuat sebelumnya untuk melayani rakyat.

Dia mengatakan bahwa sistem negara sudah mapan dan kuat, dan tidak bakal ada masalah sekecil apa pun dalam penyelenggaraan negara.

Kabinet, pada sidang daruratnya, memutuskan untuk membentuk sebuah komite yang bekerja mengadakan prosesi pemakaman mendiang presiden dan rombongannya. Komite tersebut dipimpin oleh Deputi Urusan Eksekutif Raisi, Mohsen Mansouri.

Kabinet juga memutuskan untuk memilih menteri luar negeri sementara dan gubernur provinsi Azerbaijan Timur sesegera mungkin.

Presiden Raisi, Menteri Luar Negeri Hossein Amirabdollahian, gubernur Azerbaijan Timur dan enam orang lainnya berada di dalam helikopter ketika helikopter itu jatuh di wilayah Varzaqan di provinsi tersebut pada hari Minggu (19/5).

Pesawat mereka dan dua helikopter lainnya sedang dalam perjalanan ke Kota Tabriz beberapa jam setelah Raisi, berbareng Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev, meresmikan waduk berbareng Qiz Qalasi di perbatasan antara kedua negara pada Minggu pagi (19/5).

Terpilih pada tahun 2021, Raisi menjabat sebagai presiden kedelapan Republik Islam Iran.

Sumber: IRNA-OANA

Baca juga: IRCS: Penemuan helikopter Presiden Iran tanpa libatkan support asing

:
Editor: Mahfud
Copyright © BERITAJA 2024







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close