Trending

RS di Gaza kewalahan tangani banyaknya korban serangan Israel - Beritaja

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Kota Gaza, Palestina (BERITAJA) - Rumah Sakit Martir Al-Aqsa kewalahan menyediakan perawatan medis bagi para korban serangan mematikan Israel di kamp pengungsian Nuseirat di Jalur Gaza tengah, dengan ratusan pasien menunggu bantuan.

Setidaknya 274 orang tewas dan nyaris 700 lainnya menderita luka saat terjadi pengeboman Israel di kamp itu pada Sabtu, menurut otoritas kesehatan setempat.

Ratusan korban dibiarkan tergeletak di lantai rumah sakit dengan petugas medis berlarian memberikan pertolongan medis di tengah keterbatasan sumber daya.

Rumah Sakit Martir Al-Aqsa saat ini menjadi satu-satunya akomodasi medis yang berfaedah di Jalur Gaza tengah.

"Banyaknya korban luka yang tiba melampaui kapabilitas di rumah sakit," kata Ismail Al-Thawabta, kepala Kantor Media Pemerintah Gaza, kepada Anadolu, Minggu.

“Kami segera mengimbau organisasi internasional serta organisasi-organisasi PBB dan internasional untuk membantu dan mendukung rumah sakit dengan menyediakan pasokan medis dan generator listrik untuk memastikan pemberian jasa tidak terganggu,” katanya.

Baca juga: Warga gambarkan kengerian serangan Israel di kamp pengungsi Nuseirat

"Situasi di Rumah Sakit Martir Al-Aqsa sangat mengerikan dan sangat berbahaya. Kami menuntut penghentian segera perang genosida terhadap penduduk sipil,” kata Thawabta.

Pejabat Palestina itu mengatakan serangan Israel telah menyebabkan 33 dari 35 rumah sakit di Gaza tidak dapat beraksi sama sekali, sehingga mengakibatkan “krisis kemanusiaan yang ppetunjuk.”

Pada Rabu, rumah sakit mengatakan salah satu dari dua generator yang ada berakhir berfaedah akibat kehabisan bahan bakar.

Perkembangan ini mengisyaratkan potensi "bencana kemanusiaan" yang dapat membahayakan nyawa sekian banyak pasien dan bayi prematur Palestina, demikian rumah sakit memperingatkan.

Menurut instansi media Gaza, Rumah Sakit Martir Al-Aqsa dan Rumah Sakit Eropa adalah dua akomodasi medis yang dioperasikan pemerintah yang tetap berfaedah di Jalur Gaza.

Sumber: Anadolu

Baca juga: Korban tewas akibat serangan Israel di Gaza tengah jadi 210

:
Editor: Mahfud
Copyright © BERITAJA 2024







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close