Trends

Zainudin Amali harap Menpora penggantinya lanjutkan DBON - BeritAja

Sedang Trending 11 bulan yang lalu
beritaja.com

Jakarta (BERITAJA.COM) - Zainudin Amali berambisi orang nan bakal menggantikannya sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) dapat melanjutkan penyelenggaraan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

"Khususnya di bagian olah raga kita punya Perpres No 86/2021 dan Undang-undang Keolahragaan, itu nan kudu segera didorong, misalnya undang-undang perlu turunannya, PP (Peraturan Pemerintah) dan sebagainya itu harus," kata Zainudin Amali di gedung Kemensesneg Jakarta, Kamis.

Pada hari ini Zainudin Amali secara resmi menyerahkan surat pengunduran diri sebagai Menpora kepada Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno lantaran Presiden Joko Widodo sedang melakukan kunjungan kerja keluar kota.

"Kemudian untuk Desain Besar Olahraga Nasional lantaran ini sudah jalan, kudu didorong, dipicu lagi untuk implementasinya lantaran dari awal kita sepakat ini tidak sekadar peraturan presiden di atas kertas, tapi kudu bisa diimplementasikan. Makanya ketuanya Pak Wapres langsung, anggotanya menteri-menteri, di provinsi ada gubernur kemudian bupati walikota, itu saja nan dikerjakan," jelas Amali.

Selain itu Amali juga mengingatkan sejumlah aktivitas "multievent" nan bakal berlangsung, ialah SEA Games di Kamboja dan Asian Games di China pada 2023 serta Olimpiade di Paris, Prancis pada 2024.

"Tapi kualifikasi sudah jalan dari sekarang ialah untuk Olimpiade Paris 2024. Pekerjaan-pekerjaan ini sedang dikerjakan. Kami sudah rapat dengan 'tim review', kemungkinan kita bakal kehilangan banyak lencana lantaran banyak bagian olahraga saat kita menjadi juara umum di (SEA Games) Vietnam lampau tidak dimainkan (tahun ini), maka kudu dicari penggantinya," tambah Amali.

Namun dia menjelaskan bahwa pemerintah tidak menjadikan SEA Games sebagai sasaran prestasi olahraga nasional.

Berita lain dengan Judul: Menpora Zainudin Amali serahkan surat pengunduran diri ke Mensesneg

"Dia (SEA Games) hanya sasaran antara. Insya Allah saya juga tetap memberi support sepanjang Menpora (selanjutnya) minta masukan alias membujuk diskusi, pasti saya bantu lantaran secara emosional saya terlibat dari awal tentang DBON dan UU No 11 tentang Keolahragaan. Saya juga tetap di lingkungan nan sama," ungkap Amali.

Pada 20 Februari, Menpora Zainudin Amali menyebut Presiden Jokowi telah mengizinkannya untuk konsentrasi dan konsentrasi mengurus sepak bola nasional setelah menteri dari Partai Golkar tersebut terpilih sebagai Wakil Ketua Umum I Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Namun lantaran belum menerima surat pengunduran diri Amali secara resmi, maka Presiden Jokowi pun belum memutuskan nama pengganti Amali.

Sebagai Wakil Ketua Umum I PSSI, Amali dan Ketua Umum PSSI nan juga Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan bakal mengecek kesiapan enam kota nan bakal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 pada 20 Mei hingga 11 Juni.

"Pada 21-27 Maret FIFA bakal datang untuk mengecek kesiapan, tetap tetap sampai hari ini ada di enam kota, Jakarta, Bandung, Solo, Surabaya, Palembang, dan Bali selain kelak ada keputusan FIFA berikutnya. Saya sebagai Wakil Ketua Umum PSSI bersama-sama Pak Erick akan meninjau langsung dan kita berkomunikasi dengan pemda," tambah Amali.

Amali meminta agar pemerintah wilayah nan kotanya menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 dapat segera mempercepat persiapan dan melaporkan jika ada kekurangan dalam persiapan itu.

"Jangan sampai kota itu tereliminasi. Sudah pernah ada kejadian jika tidak salah di Kosta Rika dari rencana di beberapa kota akhirnya diperkecil jadi tinggal tiga (kota). Itu kewenangan FIFA, kita hanya menyiapkan saja, jadi saya imbau kepada teman-teman pemerintah wilayah baik provinsi maupun kabupaten/kota nan ketempatan 'venue' baik 'venue' utama maupun latihan tolong segera," ungkap Amali.

Selanjutnya PSSI, menurut Amali juga bakal mendiskusikan kegagalan Timnas Indonesia U-20 melaju di Piala Asia U-20 di Uzbekistan.

Indonesia tersingkir dari arena Piala Asia U-20. Skuad besutan Shin Tae-yong itu duduk di posisi ketiga Grup A dengan empat poin.

"Belum (evaluasi) kan mereka belum pulang tentu bakal didiskusikan," kata Amali.

Berita lain dengan Judul: Golkar: Posisi Zainudin Amali sebagai Menpora kewenangan Presiden

Desca Lidya Natalia

COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di



    close