XL Axiata optimistis bisnis telekomunikasi 2023 makin baik - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu
beritaja.com

Jakarta (BERITAJA.COM) - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) optimistis upaya telekomunikasi 2023 bakal makin baik dibanding 2022 ditopang dengan sejumlah kesempatan nan bisa mengakselerasi pertumbuhan upaya di tahun ini.

Untuk itu, perusahaan bakal berfokus pada tiga pilar pertumbuhan ialah jasa konvergensi, ekspansi jaringan, serta penguatan pengalaman pengguna (customer experience).

Untuk target, tahun ini, pihaknya bakal berupaya meraih pertumbuhan pendapatan mid to high single digit, EBITDA margin sekitar 49 persen, serta capex sekitar Rp8 triliun.

"Merujuk pada pencapaian keahlian nan sangat baik di 2022, perusahaan bakal terus memanfaatkan sejumlah kesempatan positif nan sedang berkembang di Indonesia, untuk mendorong dan meningkatkan performa perusahaan pada tahun ini," kata Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini kepada media di Jakarta, Rabu.

Menurutnya, makin landainya pandemi COVID-19, sejumlah izin pemerintah nan mendukung industri telekomunikasi seperti tidak terjadi lagi "perang harga" antarperusahaan telekomunikasi, serta sudah memasuki tahun politik membikin kesempatan positif perusahaan di tahun ini tetap terbuka.

Khusus di tahun politik, Dian menngatakan, biasanya kesibukan trafik bakal terjadi lantaran bakal makin banyak pengguna jasa menggunakan info dan bakal banyak aktivitas dengan pengumpulan massa nan konsentrasi wilayah tertentu. "Kita tentu tidak berafiliasi dengan warna tertentu," katanya.

Dian Siswarini menyebut sejumlah kesempatan positif di industri telekomunikasi tahun 2023 ini, nan bisa perusahaan lakukan antara lain permintaan pada jasa fixed data, di mana penetrasi untuk jasa ini tetap cukup rendah. Dengan begitu, tetap tersedia potensi besar bagi operator telekomunikasi untuk meraih pertumbuhan tinggi baik di jasa pengguna maupun segmen korporasi.

Kedua, permintaan untuk jasa digital bakal tetap kuat. Hal ini bisa terjadi lantaran masyarakat merasa mendapatkan banyak kemudahan dengan style hidup hibrida, baik untuk bekerja, belajar, rekreasi, hingga belanja.

Agar bisa memanfaatkan peluang-peluang tersebut sekaligus mewujudkan pertumbuhan bisnis, secara operasional, perusahaan memfokuskan diri pada tiga hal, ialah digitalisasi, cost leadership, dan neraca finansial (balance sheet) nan sehat.

Dia mengatakan untuk menghadapi biaya-biaya nan meningkat di tahun depan, XL Axiata menerapkan menerapkan pengawasan biaya nan ketat dan terukur untuk menekan biaya operasional. Selain itu, perusahaan juga terus mencari area-area untuk melakukan cost savings, seperti antara lain meningkatkan mengambil digital, serta penghematan energi.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, mengatakan mengenai ekspansi dan penguatan prasarana jaringan, XL Axiata memandang jaringan nan berkulitas tinggi bakal bisa mendukung penyediaan beragam jenis jasa dengan kualitas nan juga tinggi sesuai ekspektasi pelanggan. Ekspansi jaringan 4G terus XL Axiata lanjutkan ke beragam daerah, termasuk di luar Jawa, dengan mempertahankan besaran nilai investasi.

Hingga akhir 2022, jumlah BTS (2G & 4G) XL Axiata mencapai 144.768 BTS, dengan jumlah BTS 4G sebanyak 91.632 unit. Tingkat fiberisasi BTS telah mencapai 54 persen.

Berita lain dengan Judul: XL Axiata membukukan untung bersih Rp1,1 triliun tahun 2022
Berita lain dengan Judul: Jaringan 4G XL Axiata sukseskan WSBK Mandalika 2023
Berita lain dengan Judul: XL Axiata targetkan jangkau 80 persen populasi Kalimantan di 2023

 



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
    close