Trending

Wisata Danau Sipin Jambi siap menjadi proyek ketahanan iklim global - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Kota Jambi terpilih menjadi kota di Indonesia nan terpilih masuk dalam proyek dunia untuk penanganan rumor dan ketahanan suasana dan lingkungan, serta kerangka pembangunan berkelanjutan

Jambi (BERITAJA.COM) -

Kawasan wisata Danau Sipin Kota Jambi siap menjadi letak proyek ketahanan kota-kota bumi terhadap perubahan suasana sehingga Jambi ikut berkontribusi pada ketahanan suasana global.

Wali Kota Jambi Syarif Fasha di Jambi, Kamis, mengatakan Kota Jambi terpilih menjadi kota di Indonesia nan terpilih masuk dalam proyek dunia untuk penanganan rumor dan ketahanan suasana dan lingkungan, serta kerangka pembangunan berkelanjutan.

"Delegasi Temasek Foundation Urban Resilience Programme (TFURP) Singapura mengunjungi Kota Jambi untuk meninjau secara langsung Kawasan Wisata Danau Sipin," kata dia.

Ia menjelaskan Tim TFURP membikin kajian studi kepantasan dan desain, pengusulan biaya penyediaan infrastruktur, serta kampanye dan training penyadaran masyarakat, dengan total anggaran sekitar 7 miliar dollar AS.

Khusus untuk Danau Sipin, kata dia, Pemkot Jambi berbareng banyak pemangku kepentingan termasuk masyarakat, telah bekerja-sama untuk membersihkan Danau Sipin, dengan beragam tantangannya.

Pemilihan Danau Sipin dilakukan lantaran Pemkot menyelaraskan dengan visi dari proyek ini terhadap keberlangsungan ekosistem lingkungan hayati dan rencana pembangunan di Kota Jambi.

Ia mengatakan dalam jangka panjang, tegasnya proyek ini bakal berakibat besar bagi kesadaran dan pemahaman masyarakat untuk pengelolaan air terpadu di Danau Sipin, seiring dengan peningkatan kondisi kehidupan dan kualitas lingkungan serta optimasi kegunaan lain Danau Sipin untuk tujuan wisata dan ekonomi kreatif.

Sebagai tindak lanjut tinjauan ini, TFURP membikin studi potensial penilaian kualitas air, masterplan prasarana air, program penerapan baik jangka pendek dan jangka panjang, rencana operasional pengelolaan limbah padat untuk pengumpulan, pengangkutan dan daur ulang dan pedoman operasional dan pemeliharaan.

Proyek ini diharapkan selesai pada tahun 2026 sehingga tercipta area wisata ekologis nan berwawasan lingkungan, ragam hayati, air bersih dan faedah ekonomis bagi masyarakat di Danau Sipin, Kota Jambi, demikian  Syarif Fasha .


Tuyani

COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close