Trending

Wapres serukan elit parpol jaga etika berpolitik di tahun pemilu - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Memang kita kudu tetap menjaga agar pemilu tidak menjadikan bangsa terbelah.

Osaka (BERITAJA.COM) - Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyerukan kepada seluruh elit partai politik menjaga etika dalam berpolitik, untuk mencegah bangsa terpecah-belah di tahun pemilu alias tahun politik.

Hal itu disampaikan Wapres dalam sesi tanya jawab dengan Diaspora Indonesia di Jepang, dalam forum Dialog Kebangsaan nan digelar di Hotel Imperial Osaka, Jepang, Senin malam.

“Memang kita kudu tetap menjaga agar pemilu tidak menjadikan bangsa terbelah. nan perlu itu pertama, tentu dari elit politik kudu melangkah di atas tata patokan nan sudah ada. Pegang teguh etika berpolitik,” kata Wapres di Osaka, Jepang, Senin.

Wapres mengatakan patokan main pemilu sudah ditetapkan. Semua ketentuan kudu dipatuhi sebagai corak menjunjung tinggi etika berpolitik, dengan tidak menghalalkan segala cara.

“Kedepankan politik pendapat ide-ide. Tidak politik dalam makna menjelekkan lawan, libas lawan, di sini pentingnya para elit politik itu. Kita minta dan serukan agar elit politik kita bisa mengendalikan diri sesuai aturan. Kalau itu dipegang saya kira pemilu bakal aman,” jelasnya.

Berita lain dengan Judul: Wapres minta WNI di luar negeri terus jaga ikatan kebangsaan
Di sisi lain dia juga meminta penyelenggara pemilu untuk mengawal dan menyelenggarakan pemilu sesuai aturan.

“Yang adil, jujur, dan semuanya dijaga dengan baik, tidak ada kecurangan, tidak ada hal-hal nan bisa membikin kerusuhan-kerusuhan, ketidakpuasan alias ketidakpercayaan masyarakat,” kata dia.

Dia juga berpesan kepada penyelenggara pemilu di luar negeri, termasuk di Jepang, untuk menyelenggarakan pemilu dengan jujur dan adil, serta kepada masyarakat agar tidak mudah terprovokasi hasutan dan info bohong alias hoaks.

“Ini nan paling berat, buletin bohong ini, hoaks ini nan sebenarnya kudu dijaga betul. Tokoh masyarakat kudu mengambil peran menjaga agar tidak terjadi itu,” ujarnya.

Sementara itu Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi mengatakan mengenai kepemiluan, saat ini Panitia Pemilihan Luar Negeri sudah dibentuk KPU RI di Tokyo dan Osaka, Jepang.

Menurutnya, tim PPLN itu sudah mulai bekerja dan sedang dalam proses melakukan pendaftaran serta pencocokan dan penelitian (coklit).

Dia mengatakan pemerintah melalui perwakilan di luar negeri bakal terus berupaya menjamin pemenuhan kewenangan penduduk negara untuk memilih secara jujur dan adil.
Berita lain dengan Judul: Wapres sorong perusahaan Jepang terus dukung peningkatan SDM Indonesia
Berita lain dengan Judul: Wapres Ma'ruf: Tahapan pemilu tetap berlanjut



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close