Trending

Wapres sambut baik pengesahan Perppu Pemilu jadi UU - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Jakarta (BERITAJA.COM) - Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyambut baik pengesahan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2022 tentang perubahan atas UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum menjadi undang-undang.

Menurut Wapres, dengan pengesahan tersebut, empat wilayah otonom baru (DOB) Papua bisa mengikuti Pemilu 2024.

“Pertama soal Undang-Undang Pemilu di empat DOB di Papua, itu saya kira memang sudah kudu dibuat, agar mereka bisa ikut mengambil bagian dalam pemilu nang bakal datang,” kata Wapres dalam keterangan pers di sela kunjungan kerja di Jawa Tengah, Selasa.

Dia mengatakan empat DOB Papua kudu dilibatkan dalam pemilu dan tidak boleh dirugikan, oleh lantaran itu pengesahan Perppu Pemilu itu sudah tepat dilakukan.

“Sehingga pengedaran perwakilan itu bisa dilakukan dan itu memang nang diusahakan selama ini agar selain pemekarannya, otonomi daerahnya, tapi juga termasuk penyelenggaraan pemilu nang bakal datang, termasuk juga kelak pemilihan gubernurnya pada saat nang ditentukan waktunya,” ujarnya.

Dia menekankan pemerintah berbareng DPR RI memang menargetkan untuk mempercepat proses patokan tentang pemilu di empat wilayah otonom baru di Papua.

Sebelumnya, pada Selasa (4/4), Rapat Paripurna DPR RI mengesahkan Perppu Pemilu menjadi undang-undang (UU).

Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia dalam laporannya di Rapat Paripurna itu menyampaikan bahwa seluruh fraksi DPR RI secara bulat sepakat menyetujui dan menerima Perppu disahkan menjadi UU.

Berita lain dengan Judul: DPR dan Pemerintah setujui draf Perpu Pemilu lanjut ke paripurna



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close