Wapres dorong pertukaran pelajar dan mahasiswa Indonesia-Jepang - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu
beritaja.com

Kyoto (BERITAJA.COM) - Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin mendorong pertukaran pelajar dan mahasiswa antara Indonesia dengan Jepang untuk menguatkan pemahaman budaya dan lintas agama.

“Untuk menguatkan pemahaman budaya dan lintas agama, saya membujuk dibentuknya satu platform kerja sama antara Jepang dan Indonesia mengenai dengan penguatan pemahaman lintas agama, antara lain berupa pertukaran pelajar alias mahasiswa antara Indonesia dan Jepang,” ujar Wapres di Kyoto, Jepang, Rabu.

Hal itu disampaikan Wapres saat memberikan kuliah umum di hadapan Civitas Akademika Universitas Kyoto, Jepang, Rabu.

Wapres berambisi adanya kunjungan para pelajar/mahasiswa Indonesia ke Jepang untuk memandang perkembangan kemajuan Jepang dan budaya toleransi berakidah di Jepang nan sangat bagus.

Di sisi lain, menurutnya, pelajar/mahasiswa Jepang datang ke Indonesia untuk memandang secara langsung budaya toleransi kehidupan berakidah di Indonesia.

Pada kuliah umum berjudul “Pengalaman Indonesia dalam Memperkuat Dialog Lintas Agama dan Islam Moderat sebagai Kontribusi untuk Menciptakan Perdamaian Dunia” itu, Wapres menuturkan bahwa dalam masyarakat multietnik dan multiagama, kebutuhan bakal perbincangan menjadi salah satu pilar untuk merawat, memperkuat persatuan, dan kesatuan bangsa.

Berita lain dengan Judul: Wapres jelaskan kunci persatuan Indonesia di Universitas Kyoto
Berita lain dengan Judul: Wapres minta Universitas Kyoto prioritaskan penerimaan pelajar RI

"Dialog adalah pengakuan bakal keniscayaan perbedaan dalam makna keberagaman dalam hidup kemanusiaan mutlak yang mensyaratkan prinsip pengakuan keberadaan dan kewenangan orang lain," terangnya.

Dialog ini, tutur Wapres, diperlukan tidak hanya dalam sebuah negara-bangsa, tetapi juga antarbangsa.

Wapres memaparkan bahwa perbincangan lintas kepercayaan dan budaya kudu memberikan perhatian kepada masalah-masalah nan menjadi kepentingan peradaban manusia.

Beberapa di antaranya, kata dia, seperti mempromosikan hidup berdampingan lintas pemeluk agama, menghormati kebebasan berakidah bagi setiap individu, membangun etika sosial, dan dunia dalam menangani potensi bentrok lintas agama.

“Termasuk, menyebarkan budaya moderat dalam upaya menyelesaikan kejadian ekstremisme dan tindak kekerasan atas nama agama, serta meningkatkan harkat martabat manusia,” jelasnya.

Di samping itu, lanjut Wapres, perbincangan kudu berkontribusi bagi penanggulangan kemiskinan dan ketertinggalan dalam pendidikan, pencegahan kerusakan lingkungan hidup, dan penyelesaian masalah-masalah lainnya.



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
    close