Trending

Wapres bertemu Chairman Glico bangun jejaring ekosistem halal dunia - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu
beritaja.com
Discover Millions of Products

Saya sangat penghargaan investasi Glico di Indonesia senilai nyaris Rp700 miliar nan mempunyai akomodasi produksi modern, menghasilkan produk berkualitas, dan sudah mendapat sertifikasi halal

Osaka, Jepang (BERITAJA.COM) - Wakil Presiden Ma'ruf Amin melakukan pertemuan dengan Chairman Ezaki Glico Co Ezaki Katsuhisa di Hotel Imperial Osaka, Jepang, Senin, untuk berbincang mengenai ekosistem legal dunia, guna mewujudkan cita-cita Indonesia sebagai Pusat Halal Dunia pada 2024.

“Terima kasih atas kehadiran tim Glico pagi ini. Saya mendengar mengenai investasi Glico di Karawang sejak 2020 dan mulai produksi tahun lalu. Saya sangat penghargaan investasi Glico di Indonesia senilai nyaris Rp700 miliar nan mempunyai akomodasi produksi modern, menghasilkan produk berkualitas, dan sudah mendapat sertifikasi halal,” ujar Wapres mengawali pertemuannya dengan pihak Glico di Osaka, Jepang, Senin.

Wapres mengatakan kehadiran Glico turut berkontribusi pada pembangunan ekonomi Indonesia, menyerap banyak tenaga kerja dan dapat meningkatkan skill teknis para pekerja Indonesia sesuai standar Jepang.

Dia menyampaikan, sebagai upaya mendukung cita-cita Pemerintah Indonesia menjadikan Indonesia Pusat Produk Halal Dunia di 2024, Wapres meminta ekspansi pasar produk halal.

"Seperti Bapak Ezaki ketahui, sertifikasi produk legal sangat krusial bagi masyarakat Indonesia nan kebanyakan adalah muslim," ujar Wapres.

"Langkah Glico untuk mendapatkan sertifikasi legal sudah sangat tepat. Saya minta pabrik di Indonesia bakal menjadi pedoman produksi utama, bukan hanya konsumen Indonesia, namun juga konsumen di negara-negara Asia Tenggara, Amerika Serikat, serta organisasi muslim secara global,” pinta Wapres.

Wapres pun mengimbau perlunya melakukan diversifikasi produk nan diakui halal, guna mendukung jangkauan pasar lebih luas serta sebagai upaya mendukung ketahanan pangan di Indonesia, dan penguatan sumber daya manusia (SDM).

“Saya mendorong kerja sama aktif antara Glico dengan mitra-mitra di Indonesia, utamanya mengenai manajemen keamanan pangan, dan kualitas produk untuk mendukung upaya ketahanan pangan di Indonesia,“ ujarnya.

Terkait perihal ini, Wapres berambisi Glico dapat memberikan kesempatan bagi tenaga kerja Indonesia untuk belajar di Jepang sebagai upaya meningkatkan kapabilitas tenaga kerja Indonesia dengan belajar langsung dari para mahir negeri Sakura ini.

Juru bicara Wapres Masduki Baidlowi mengatakan Glico merupakan sebuah perusahaan asal Jepang nan sudah berinvestasi di beberapa negara salah satunya adalah di Thailand. Di Indonesia sendiri Glico sudah berinvestasi sejak tahun 2016 dan sudah bersertifikat halal.

“Jadi produk (Glico) ini juga adalah produk nan disukai Indonesia terutama oleh anak-anak,” kata Masduki.

Dia menyampaikan secara umum ada tiga perihal nan menjadi konsentrasi pembicaraan Wapres dalam pertemuan dengan pihak Glico, ialah pertama bahwa Wapres adalah tokoh nan dikenal secara nasional apalagi internasional sebagai tokoh nan menggagas tentang industri legal dan tokoh ekonomi syariah.

“Jadi dalam beberapa kesempatan, Wapres sebagai tokoh nan dikenal itu selalu dalam setiap kunjungannya itu menggunakan kunjungan ke beragam negara untuk kepentingan jaringan hub legal dunia,” kata Masduki.

“Pertemuan hari ini juga adalah bagian dari gimana Wapres membangun jejaring internasional untuk kepentingan halal, lantaran memang Indonesia mencita-citakan untuk menjadi negara industri legal terbesar di dunia, sehingga dengan demikian ini adalah bagian krusial dari kunjungan Wapres ke Jepang,” imbuhnya.

Dia mengatakan, pertemuan dengan perusahaan Glico juga menyangkut persoalan hub legal Indonesia ke jaringan internasional, dan Jepang sebagai negara nan sangat krusial untuk industri pangan.

Kedua, kata dia, pembicaraan Wapres dengan pihak Glico adalah kerja sama untuk kekuatan pangan Indonesia, sehingga upaya membangun kekuatan pangan nasional tidak hanya dilakukan antarpemerintah namun juga pemerintah dengan perusahaan swasta.

Ketiga, dalam pertemuan itu Wapres juga berambisi ada kerja sama penguatan SDM, misalnya melalui vokasi.

Wapres juga berambisi Glico tidak hanya memproduksi barangnya di Indonesia tapi juga mengekspor ke beragam negara terutama di Timur Tengah dan negara lain, lantaran sudah bersertifikat halal.

Berita lain dengan Judul: Wapres kunjungan kerja ke Jepang bawa misi tingkatkan kerja sama
Berita lain dengan Judul: Kementerian PUPR ajak penanammodal Jepang berinvestasi di IKN Nusantara
Berita lain dengan Judul: Kota Bogor dapat 2 calon penanammodal sentra pangan legal dari Jepang


Faisal Yunianto
COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close