Trends

Wamen BUMN minta ID FOOD maksimalkan infrastruktur pergudangan - BeritAja

Sedang Trending 11 bulan yang lalu
beritaja.com

Dalam pengelolaannya, dipastikan juga kedisiplinan terhadap pengelolaan akibat operasional pergudangan.

Jakarta (BERITAJA.COM) - Wakil Menteri BUMN I Pahala N. Mansury meminta BUMN Holding Pangan ID FOOD Group untuk memaksimalkan prasarana pergudangan agar rantai pasok pangan terintegrasi.

“Dalam pengelolaannya, dipastikan juga kedisiplinan terhadap pengelolaan akibat operasional pergudangan,” katanya dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis.

Wamen BUMN Pahala beranggapan prasarana pergudangan ID FOOD Group dapat dimaksimalkan melalui optimasi aset.

Ia meminta ID Food menyiapkan prasarana logistik mulai dari penyimpanan kering dan berpendingin, armada, sampai ke teknologi pendukung dalam mengoperasikan pengendalian stok pangan nan merupakan peran BUMN terhadap penerapan persediaan pangan pemerintah (CPP).

Berita lain dengan Judul: ID FOOD siapkan pengedaran terintegrasi mendukung persediaan pangan

Menanggapi perihal tersebut, Direktur Utama Holding Pangan ID FOOD Frans Marganda Tambunan mengatakan bahwa pihaknya tengah menyiapkan sistem rantai pasok pangan terintegrasi nan bakal mengintegrasikan hulu hilir pangan mulai dari produsen, distributor, hingga ke konsumen dengan support ID FOOD Group sektor perdagangan logistik.

Di tingkat hulu, sistem tersebut mendata produsen berasas komoditas pangan di seluruh Indonesia, spesifikasi produk, pola produksi pangan berasas musim, maupun tren nilai pangan.

Sementara itu di tingkat pemasok alias di hilir, sistem bakal mendata pemasok komoditas di beragam daerah, monitoring pergerakan nilai pasar alias nilai konsumen di seluruh wilayah guna menjaga keseimbangan pasokan.

“Jadi dengan digitalisasi, ID FOOD bakal mengoperasikan sistem supply dan demand stok pangan dan mendapatkan info jika mendapat peningkatan permintaan stok di suatu daerah,” jelas Frans.

Menurutnya, langkah tersebut pun merupakan langkah tepat sebagai upaya dalam mengamankan pasokan pangan. Oleh karena itu, Ia pun membujuk kerjasama para produsen alias supplier pangan untuk bersinergi dengan BUMN ID FOOD.

Berita lain dengan Judul: ID FOOD luncurkan produk retail jaga stabilisasi nilai dan stok pangan

Direktur Supply Chain Management dan Teknologi Informasi Holding Pangan ID FOOD, Bernadetta Raras menambahkan, sistem rantai pasok nan disiapkan untuk ID FOOD Group termasuk PT Berdikari dilengkapi dengan akomodasi pendukung berupa prasarana permanen cold storage, portable cold storage, reefer container hingga armada berpendingin nan terintegrasi dan termonitor secara digital.

“Fasilitas tersebut untuk menjamin kesiapan dan keterjangkauan pangan hingga ke seluruh wilayah Indonesia nan dikelola oleh ID FOOD Group,” ucap Raras.

Aset pergudangan nan dikelola ID FOOD Group melalui anak perusahaan PT Berdikari mempunyai luas lahan sekitar 27.070 m2 dengan luas pergudangan 1.444 m2 berlokasi di wilayah Jakarta Utara nan strategis dengan akses logistik moda transportasi seperti Pelabuhan Tanjung Priok, stasiun kereta api, dan Bandar Udara Halim Perdanakusuma.



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di



    close