Trending

Wamen ATR/BPN tinjau proses penyelesaian konflik tanah di Blora - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Jakarta (BERITAJA.COM) - Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (Wamen ATR/Waka BPN) Raja Juli i meninjau proses penyelesaian bentrok kepemilikan tanah penduduk Wonorejo di Kantor Kecamatan Cepu, Blora, Jawa Tengah, Sabtu (4/3).

Wamen ATR/BPN berbincang langsung dengan penduduk nan memenuhi Kantor Kecamatan Cepu, Blora, tempat dilakukannya pendaftaran atas solusi bentrok nan diinisiasi Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto.

"Atas perintah Pak Menteri Hadi Tjahjanto hari ini saya datang ke Blora, Jawa Tengah. Saya mengecek langsung di lapangan proses penyelesaian bentrok kepemilikan tanah nan sudah terjadi sejak tahun 1947," ujar Raja Juli dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Hadi Tjahjanto menginisiasi perbincangan dengan penduduk pada Oktober 2022. Dalam pertemuan itu, Hadi menawarkan solusi bentrok antara Pemerintah Kabupaten Blora dengan penduduk Wonorejo nan sudah berjalan lama.

Raja Juli mengatakan, penduduk Wonorejo mempunyai antusias nan tinggi dan sabar untuk mengikuti proses administrasi. Menurutnya, solusi pemberian Hak Guna Bangunan (HGB) kepada penduduk di atas HPL milik Pemda merupakan jalan keluar dari bentrok nan berkepanjangan.

Dari info nan dihimpun setidaknya ada sebanyak 1.160 bagian tanah nan ada di letak konflik, Desa Wonorejo. Raja Juli mengatakan, mulai Sabtu (4/3) terdapat 1.104 orang nan mendaftar dan diperkirakan ada 295 bagian tanah sudah disertipikasi.

Raja Juli optimistis sertipikasi bakal selesai sesuai dengan sasaran nan telah ditentukan ialah pada 10 Maret 2023.

"Kekompakan rakyat, Pemda Blora, Kementerian ATR/BPN dan pemangku kepentingan lainnya seperti Notaris/PPAT, Insya Allah pada tanggal 10 Maret 2023 proses sertipikasi tanah rakyat ini dapat diselesaikan," katanya.

Pada 10 Maret 2023, Presiden Joko Widodo dijadwalkan datang pada saat pembagian sertipikat HGB kepada penduduk Wonorejo.

Berita lain dengan Judul: Wamen ATR/BPN serahkan sertipikat rumah ibadah di 12 Kab/Kota Kalbar
Berita lain dengan Judul: Wamen ATR/Waka BPN serahkan sertipikat tanah warisan Sunan Kalijaga
Berita lain dengan Judul: Wamen ATR/Waka BPN serahkan 26 sertifikat tanah wakaf di Cirebon

 

Maria Cicilia Galuh Prayudhia

COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close