Trends

Wakil Ketua MPR dorong Gorontalo jadi kawasan pangan nasional - BeritAja

Sedang Trending 11 bulan yang lalu
beritaja.com

Provinsi Gorontalo direncanakan menjadi area pangan nasional. Kami telah membahas perihal ini berbareng Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer

Gorontalo (BERITAJA.COM) - Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad mendorong Provinsi Gorontalo segera menjadi area pangan nasional.

"Provinsi Gorontalo direncanakan menjadi area pangan nasional. Kami telah membahas perihal ini berbareng Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer," kata Fadel Muhammad, di Gorontalo, Kamis, pada kunjungannya ke Penjabat Gubernur Gorontalo. 

Fadel mengatakan mengatakan Gorontalo kudu lebih maju pada masa mendatang, salah satunya dengan adalah membikin Gorontalo menjadi area pangan nasional.

Ia menyebut pendapat tersebut bakal ditempuh dengan strategi meningkatkan produksi jagung secara sistemik mulai dari sisi produksi hingga pemasaran.

Kawasan pangan nasional alias nan dikenal dengan food estate adalah sebuah konsep pengembangan produksi pangan dari hulu ke hilir nan terintegrasi.

"Nanti kami bakal bantu beliau untuk proses ke kementerian dan juga Presiden, mengingat area pangan nasional di Gorontalo ini merupakan buahpikiran Pak Gubernur. Jadi kita kudu mewujudkan, mengingat Gorontalo punya komoditas pertanian, utamanya jagung nan cukup besar," kata Fadel Muhammad.

Berita lain dengan Judul: Presiden Jokowi tanam cabe saat hujan deras di Wonosobo

Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer mengatakan kemauan membikin Gorontalo menjadi area pangan nasional sejalan dengan program pemerintah pusat.

Sama seperti Fadel, dia pun meyakini pendapat ini pasti terwujud mengingat Gorontalo punya potensi prasarana di segala bidang, utamanya pertanian dan peternakan.

"Kita mau bikin sesuai dengan pengpetunjukan Pak Presiden tentang food security dan Gorontalo mempunyai potensi. Nanti kita bakal coba buat proposal, kita juga bakal obrolan dengan seluruh organisasi perangkat wilayah dan Forkopimda. Selanjutnya jika sudah siap, kelak bakal kita coba paparkan ke pemerintah pusat berbareng Pak Fadel," kata Hamka.

Selain membahas pendapat area pangan masional, pertemuan tersebut membahas angan dari organisasi Lamahu nan mengusulkan Bandar Udara (Bandara) Djalaludin Gorontalo berubah nama menjadi Bandara Nani Wartabone.

Namun usulan ini, kata Hamka, bakal dibahas lebih perincian dan matang dengan beberapa pihak, lantaran dianggap sangat penting.

Berita lain dengan Judul: Pangan lokal bisa jadi bahan makanan berkepanjangan masa depan
 

Susanti Sako

COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di



    close