Trending

Wakil Ketua DPR nilai tantangan haji 2024 adalah soal transportasi - Beritaja

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta (BERITAJA) -

Wakil Ketua DPR RI Lodewijk F Paulus menilai salah satu tantangan utama ibadah haji pada tahun 2024 adalah masalah kebijakan baru transportasi bagi para jemaah di Muzdalifah.

Menurutnya kebijakan baru mengenai murur alias melintas di Muzdalifah yang diberlakukan setelah kejadian tahun lalu, menyebabkan jemaah mengalami kesulitan.

"Bagaimana titik drop di Mina, siapa yang mengantar para lansia ke maktab masing-masing, dan gimana kendaraan mesti keluar untuk tugas lain, semua ini perlu diatur dengan baik," kata Lodewijk dalam keterangan resminya yang diterima di Jakarta, Kamis.

Dia juga menyoroti pentingnya jasa yang ramah lansia dalam penyelenggaraan haji. Sejauh ini menurutnya sudah ada ada 20 kendaraan yang menggunakan hidrolik demi memudahkan memudahkan lansia naik ke kendaraan.

"Ini langkah baik, namun tetap banyak yang perlu diperhatikan, termasuk kebutuhan jemaah difabel," katanya.

Selama dua hari terakhir, tim pengawas DPR telah meninjau beragam aspek krusial seperti pemondokan, konsumsi, kesehatan, dan transportasi. Pemantauan tersebut, kata dia, bermaksud memastikan kelancaran dan kenyamanan jemaah haji Indonesia di tanah suci.

Menurutnya Kementerian Agama perlu mempersiapkan secara matang untuk puncak ibadah haji. Ia menekankan bahwa kegagalan dalam penyelenggaraan ini bakal berakibat negatif pada beragam pihak.

"Kami harapkan penyelenggaraan haji melangkah aman, lancar, dan tertib sesuai angan pemerintah, DPR, dan family jemaah di Indonesia," kata dia.

Selain aspek operasional, dia juga menekankan potensi ekonomi dari penyelenggaraan haji merupakan perihal yang perlu diperhatikan. Dengan banyaknya jemaah Indonesia, dia berambisi penyelenggaraan ibadah haji berkontribusi ekonomi yang signifikan bagi Indonesia.

"Pendapatan bukan pajak diharapkanmampu meningkat. UMKM mesti memenuhi standar tertentu supayamampu berpartisipasi, termasuk dalam penyediaan bahan pangan seperti sayuran dan beras," katanya.

Untuk itu, dia menyarankan adanya kalkulasi matang jika mau membuka pemondokan untuk jemaah umrah di masa depan. Dia menilai pesawat dari Indonesia selalu penuh yang menjadi pertanda ekonomi tanah air sudah bangkit.


Editor: Mahfud
Copyright © BERITAJA 2024







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close