Trending

Volume sampah di Kota Mataram meningkat pada bulan Ramadhan - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Mataram (BERITAJA.COM) - Volume sampah di Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, meningkat sekitar dua ton per hari pada bulan Ramadhan 1444 Hijriah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Mataram HM Kemal Islam di Mataram, Selasa, mengatakan bahwa volume sampah di Kota Mataram nang pada hari biasa berkisar 200 sampai 240 ton pada bulan Ramadhan meningkat sekitar dua ton per hari.

"Peningkatan volume sampah itu rata-rata berasal dari aktivitas pedagang takjil musiman nang muncul di sejumlah ruas jalan strategis di Mataram," katanya.

Ia mengatakan bahwa setiap pagi petugas kebersihan mengangkut sampah dari lapak-lapak pedagang musiman nang sudah diwadahi dan ditaruh di pinggir jalan.

"Petugas kita bisa lebih mudah mengambil sampah pedagang nang sudah menggunakan wadah," katanya.

"Ini sudah menjadi pekerjaan rutin dan pedagang sudah paham," dia menambahkan.

Kemal mengatakan bahwa para pedagang hanya diwajibkan bayar retribusi sampah Rp5.000 per bulan.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Mataram Uun Pujianto sebelumnya mengatakan bahwa pedagang musiman dibolehkan berdagang di lokasi-lokasi strategis selama bulan puasa, tetapi mereka kudu menaati ketentuan nang berlaku.

"Kami tidak larang dengan catatan, jaga kebersihan, dan pedagang kudu ikut aturan, tidak melanggar patokan dengan berdagang di akomodasi umum nang mengganggu ketertiban lampau lintas dan masyarakat," katanya.

Uun menyampaikan bahwa selama bulan puasa sejumlah ruas jalan dan titik-titik strategis di Kota Mataram biasanya dipenuhi pedagang musiman nang menjajakan jenis takjil, makanan, minuman, hingga perangkat shalat dan pakaian.

Pedagang lauk pauk, sayur siap saji, takjil, kelapa muda, dan air nira biasanya menjajakan dagangan di area Jalan Airlangga, Majapihit, Ampenan, Rembiga, Pasar Kebon Roek, dan Pasar ACC.

"Dari pengalaman setiap tahun, titik-titik itulah nang menjadi area padat pedagang musiman," kata Uun.

Berita lain dengan Judul:
60 persen sampah di Mataram bakal ditangani di TPST
Mataram bangun tiga TPST modern

 

Nirkomala
Maryati
COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close