Trends

Uni-Charm ajak siswa SMA 18 Jakarta pilah sampah - BeritAja

Sedang Trending 11 bulan yang lalu
beritaja.com

Jakarta (BERITAJA.COM) - PT Uni-Charm Indonesia Tbk bekerjasama dengan Japanese Partners dari Japan Foundation melakukan edukasi pemilahan sampah di SMAN18 Jakarta.

"Melalui pembelajaran ini, diharapkan tidak hanya dapat mengajarkan Bahasa serta memperkenalkan budaya Jepang saja, tetapi juga memberikan kesadaran bakal persoalan lingkungan kepada para siswa, agar dapat menciptakan lingkungan nan lebih baik," kata Direktur Japan Foundation Takahashi Yuichi dalam keterangannya pada Rabu.

Kegiatan edukasi pemilahan sampah kali ini diikuti oleh 40 siswa dari kelas 1 dan 2 nan tergabung dalam Japanese Club SMAN 18 Jakarta.

Konten pembelajarannya meliputi penjelasan tentang SDGs (Sustainable Development Goals) sebagai landasan untuk mendukung penetrasi di Indonesia, pemahaman dasar tentang aktivitas 3R (reduce, reuse, recycle), pengenalan sampah nan dapat dijadikan kompos, serta pentingnya memilah sampah berasas jenisnya, ialah organik dan anorganik menggunakan materi dan video.

Selain itu, sebagai tambahan dari konten edukasi nan dilakukan terhadap siswa SD di Jakarta dan Karawang sebelumnya, pengajar dari Japanese Partners dan pembimbing SMAN 18 Jakarta mengajarkan tentang istilah Bahasa Jepang nan muncul di dalam materi edukasi pemilahan sampah. Lalu, para siswa juga diajarkan tentang pola kalimat Bahasa Jepang untuk membikin poster dengan tema “menjaga lingkungan”.

"Sebagai produsen produk kebutuhan sehari-hari, kami secara proaktif terlibat dalam upaya penghematan energi, konservasi energi, pengurangan sampah dan beragam masalah sosial lainnya. Hal ini dilandasi oleh adanya rasa tanggung jawab kami untuk secara serius berkontribusi melalui beragam aktivitas perusahaan nan sejalan dengan corporate semboyan kami ialah Ethical Living for SDGs, demi merealisasikan SDGs nan menjadi tujuan (purpose) dari perusahaan kami," kata Yuichi.

Berita lain dengan Judul: Uni-Charm alihkan 8 juta kwh/tahun daya listrik ke daya hijau

Yuichi menambahkan, melanjutkan edukasi pemilahan sampah nan dilakukan mulai tahun 2022, kali ini pihaknya berkesempatan untuk bekerjasama dengan Japan Foundation melakukan aktivitas dengan style berbeda, ialah edukasi pemilahan sampah nan dibarengi dengan pertukaran budaya.

"Kami berambisi perihal ini dapat memberikan kontribusi pada kampanye Sekolah Sehat nan dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia," ujarnya.

Di tengah pesatnya pertumbuhan ekonomi Indonesia nan mencapai 5,3 persen pada 2022 lalu, jumlah sampah nan dihasilkan pun mencapai lebih dari 70 juta ton (per tahun 2022) dengan pertumbuhan sebesar 103 persen dibanding tahun sebelumnya.

Ditambah lagi, setiap harinya terdapat sekitar 1.000-an truk nan mengirim sampah ke TPST terbesar di Indonesia ialah Bantargebang, nan dikabarkan tinggi sampahnya sudah mencapai 40 meter alias setara dengan gedung 16 lantai (per 2022).

"Apabila perihal ini terus dibiarkan, maka kapabilitas penampungan sampah bakal semakin berkurang. Hal ini salah satunya disebabkan lantaran banyaknya sampah nan dikumpulkan dari beragam wilayah nan langsung diproses di tempat pembuangan sampah tanpa dipilah terlebih dahulu. Karena itulah untuk berkontribusi dalam mengurangi jumlah sampah di Indonesia, kami berkesimpulan bahwa pertama-tama kudu dimulai dari membiasakan pemilahan sampah," katanya.

Berita lain dengan Judul: Pabrik Uni-Charm Indonesia raih sertifikasi PROPER level "Biru"

Berita lain dengan Judul: Uni-Charm Indonesia raih sertifikat CoC, pastikan produk diolah benar

Berita lain dengan Judul: Produsen popok Uni-Charm resmi melantai di bursa



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di



    close