Trends

TPN: Ganjar-Mahfud komitmen dorong supremasi hukum dan HAM - Beritaja

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
beritaja.com

Jakarta (BERITAJA.COM) - Juru kampanye Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Aryo Seno Bagaskoro, menyatakan pasangan nomor urut 3 itu berkomitmen mendorong supremasi norma dan HAM di Indonesia.

"Prinsipnya, Ganjar dan Mahfud percaya bahwa semangat supremasi hukum, hasil akhir adalah penguatan supremasi sipil," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Hal itu disampaikan Aryo, mengenai agenda debat perdana pasangan capres-cawapres bakal digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 12 Desember 2023. Tema yang disepakati adalah hukum, kewenangan asasi manusia (HAM), pemerintahan, antikorupsi, dan penguatan demokrasi.

Dia pun optimistis pasangan Ganjar-Mahfud bakal tampil memukau di debat perdana Pilpres 2024. Menurut dia, tema debat perdana merupakan "makanan sehari-hari" Ganjar-Mahfud.

Semangat menguatkan supremasi norma dan sipil, kata Seno, bakal jadi materi utama Ganjar-Mahfud dalam debat tersebut.

"Dalam perspektif tersebut, penegakan HAM adalah bagian integral dari upaya paling dasar melaksanakannya," jelasnya.

Lanjut dia, Ganjar-Mahfud bakal menekankan pentingnya penguatan kerakyatan dalam aspek kebebasan pers, kebebasan berpendapat, serta perlindungan terhadap hak-hak sipil.

Tak kalah penting, paslon nomor urut 3 itu juga bakal menguatkan sistem perlindungan bagi pelapor kasus hukum.

"Termasuk yang menyangkut penyalahgunaan kekuasaan," ujarnya.

Sebelumnya, situasi HAM di Indonesia sempat disinggung Ganjar saat jadi pembicara dalam perbincangan terbuka berjudul "Muhammadiyah Bersama Capres-Cawapres" di Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Tangerang Selatan, Kamis (23/11) lalu. Ganjar menyebut rapor keahlian pemerintah dalam menegakkan HAM tetap merah.

"Skornya 6,2 dari 10. Kita perlu memperkuat lembaga HAM. yang ini (soal HAM) Pak Mahfud kelak bercerita jauh lebih banyak lagi lantaran mengalami, melihat, merasakan, bertindak," kata Ganjar.

Di bagian HAM, Ganjar sendiri tergolong punya rekam jejak yang mumpuni. Saat jadi Gubernur Jawa Tengah, Ganjar rutin menerima penghargaan di bagian HAM. Pada 2022, misalnya, Kemenkum HAM menganugerahkan gelar kota/kabupaten peduli HAM untuk 35 kabupaten dan kota di Jateng.

Ganjar juga piawai dalam merawat toleransi antarumat berakidah di provinsi yang dia pimpin. Kota-kota di Jateng rutin masuk ke dalam jejeran kota paling toleran di Indonesia jenis Setara Institute, semisal Kota Salatiga, Surakarta, Semarang, dan Magelang.

KPU RI pada Senin, (13/11), telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil Pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada Selasa, (14/11), pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Kemudian, agenda pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Baca juga: Anak muda Balikpapan: Ganjar pemimpin yang peduli milenial-Gen Z
Baca juga: Ganjar Pranowo serahkan kepada pemerintah atur RUU DKJ


Editor: Mahfud
COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di



    close