Trending

Tokopedia catat kategori fashion konsisten populer di semester I 2024 - Beritaja

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Cimahi (BERITAJA) - Perusahaan teknologi asal Indonesia, Tokopedia, mencatatkan di semester I 2024 rupanya kategori fashion konsisten menjadi salah satu kategori yang tergolong terkenal sejalan dengan posisinya di semester sebelumnya ialah semester II 2023.

Baik di aplikasi Tokopedia maupun di ShopTokopedia yangmampu diakses di TikTok, keduanya menunjukkan bahwa produk-produk dari kategori fashion seperti fashion muslim, bawahan pria, hingga tas tetap menjadi sasaran masyarakat Indonesia.

"Ini ada produk-produk paling hits di Tokopedia info ini berasal dari komparasi semester I 2024 dibanding semester II 2023. Pertama pastinya ada kenaikan di fashion muslim lantaran kemarin momen lebaran itu pasti naik banget dan biasanya ibu-ibu memang nyetok baju-baju untuk buka berbareng dan juga lebaran," kata Director of Corporate Affairs Tokopedia and ShopTokopedia Nuraini Razak dalam aktivitas media trip di Cimahi, Jawa Barat, Rabu (12/6).

Baca juga: Tokopedia ungkap tren shopping daring di wilayah Jawa Timur

Untuk keahlian kategori Fashion di aplikasi Tokopedia secara keseluruhan di semester I 2024 andaikan dibandingkan dengan semester II 2023, Nuraini menyampaikan bahwa terdapat kenaikan dua kali lipat pada kategori tersebut.

Adapun secara lebih perincian produk fashion yang paling dicari selama semester I 2024 di antaranya dress alias busana muslim, perlengkapan ibadah, outerwear alias luaran wanita, pemimpin muslim seperti tunik, dan busana muslim laki-laki seperti sarung dan baju koko.

Dari produk tas yang juga bagian dari kategori fashion, selama semester I 2024 dibandingkan semester II 2023 di Tokopedia tercatat bahwa pengguna mencari paling banyak tas selempang, diikuti tote bag, shoulder bag, dompet, dan tas ransel.

Baca juga: Tokopedia siapkan beragam program untuk dukung UMKM lokal

Membahas keahlian ShopTokopedia di semester I 2024, kategori fashion juga termasuk yang menjadi produk dengan transaksi tertinggi dibandingkan semester II 2023.

Adapun kategori lainnya yang mendapatkan ketenaran dan transaksi tertinggi selain fashion di ShopTokopedia adalah kategori peralatan rumah tangga dan camilan.

Selama periode semester I 2024, ketiga kategori favorit itu sukses mencatatkan peningkatan transaksi rata-rata nyaris 2,5 kali lipat dibanding semester II 2023.

Director of Corporate Affairs Tokopedia and ShopTokopedia Nuraini Razak dalam aktivitas media trip Tokopedia ke Pabrik Tas Elizabeth di Cimahi, Jawa Barat, Rabu (12/6/2024). (BERITAJA/)

Baca juga: Dinkop Semarang-Tokopedia bantu UMKM "naik kelas"

Menurut Nuraini, perihal yang menarik dari keahlian kategori fashion di ShopTokopedia terlihat dari spesifiknya produk yang dicari.

Adapun produk fashion yang paling banyak dicari dan dilakukan transaksi selama enam bulan pertama di 2024 mencakup bawahan wanita seperti rok, lampau bawahan laki-laki seperti celana pendek, dan baju tidur wanita.

Khusus untuk kategori fashion di ShopTokopedia rata-rata peningkatan transaksi terjadi hingga 2 kali lipat untuk masing-masing produk di semester I 2024 jika dibandingkan dengan semester II 2023.

Tokopedia juga turut mencatatkan adanya perihal menarik lainnya selama semester I 2024, ialah kenaikan yang signifikan baik dari jumlah pengguna maupun penjual yang berasosiasi di Tokopedia dan ShopTokopedia.

“Dari sisi penjual, di Tokopedia, jumlah penjual naik lebih dari 2 juta, dari lebih dari 12 juta pada 2022 menjadi lebih dari 14 juta pada 2023. Sedangkan di ShopTokopedia, jumlah penjual pada 2023 naik nyaris 20 persen menjadi lebih dari 7 juta pada tahun 2024,” kata Nuraini.

Baca juga: Bapenda Jakarta sebut fitur Tokopedia bantu pemungutan pajak daerah

Sejumlah wilayah dengan peningkatan tertinggi jumlah penjual di Tokopedia, antara lain Yahukimo (Papua Pegunungan), Malaka (Nusa Tenggara Timur), Seluma (Bengkulu Selatan), Sukamara (Kalimantan Tengah), Sikka (Nusa Tenggara Timur), dengan rata-rata kenaikan jumlah penjual nyaris 2,5 kali lipat. Data peningkatan kenaikan penjual ini merujuk pada komparasi dengan semester II 2023.

Membahas dari kenaikan di sisi pembeli, terdapat sejumlah wilayah dengan kenaikan tertinggi jumlah pembeli di Tokopedia, ialah di Maybrat (Papua Barat Daya), Tambrauw (Papua Barat Daya), Mamberamo Tengah (Papua Pegunungan, Dogiyai (Papua Tengah) dan Kepulauan Aru (Maluku), dengan rata-rata peningkatan jumlah pembeli lebih dari 1,5 kali lipat.

Untuk ShopTokopedia, info peningkatan merujuk pada periode Maret-Mei 2024 dibandingkan periode Maret-Mei 2023. Terdata bahwa beberapa wilayah dengan peningkatan tertinggi jumlah penjual di ShopTokopedia antara lain Papua Barat, Aceh, Jakarta, Bengkulu dan Banten, dengan rata-rata kenaikan jumlah penjual nyaris 1,5 kali lipat.

Sementara dari meningkatnya jumlah pembeli, kenaikan tertinggi terlihat di Provinsi Bali, Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten, dan Jawa Timur, dengan rata-rata peningkatan jumlah pembeli nyaris 1,5 kali lipat.

Baca juga: Tips memilih baju musim tandus dari Tokopedia
 


Editor: Mahfud
Copyright © BERITAJA 2024







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close