Trending

TNI AL dan Marinir AS latihan mobile udara di Hawaii - Beritaja

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta (BERITAJA) - Tangkapan layar pasukan Marinir TNI AL dan Korps Marinir Amerika Serikat latihan mobile udara (assault support) di Pangkalan Marinir Amerika Serikat di Hawaii (MCBH), Amerika Serikat, Kamis (11/7/2024) sebagaimana disiarkan Dinas Penerangan Korps Marinir TNI AL dalam akun resmi IG @marinir_tni_al. Latihan itu merupakan rangkaian Latma Rimpac 2024. BERITAJA/.

 
Prajurit Korps Marinir TNI Angkatan Laut berbareng pasukan Korps Marinir Amerika Serikat (USMC) latihan mobile udara (mobud) di Pangkalan Marinir Amerika Serikat di Hawaii (MCBH), AS, dalam rangkaian Latihan Bersama Rim of Pacific (Latma Rimpac) 2024, Kamis.

Dalam latihan itu, yang juga dikenal dengan assault support, pasukan Marinir dari Indonesia dan AS melatih keahlian mereka beranjak tempat dengan sigap menggunakan pesawat terbang/helikopter.

Komandan Unit Marinir Latma Rimpac 2024 Mayor Marinir Lukman Susanto, dalam siaran resmi Dinas Penerangan Korps Marinir TNI AL yang dikonfirmasi di Jakarta, Kamis, menjelaskan latihan itu menguji keahlian prajurit untuk bergerak cepat, senyap, dan tepat, yang seluruhnya berfaedah dalam tugas penyelundupan ke wilayah sasaran untuk kemudian langsung terlibat dalam pertempuran darat.

“Maka dari itu, laksanakan latihan dengan ceria dan penuh semangat, serta tetap utamakan aspek keselamatan baik personel maupun material,” kata Komandan Unit Marinir Latma Rimpac 2024 ke prajurit Marinir TNI AL peserta latihan.

Latihan itu diawali dengan persiapan, di antaranya pembekalan dari pembimbing latihan dari Korps Marinir Amerika Serikat, ialah Kapten Pickering dan Letnan Martin. Dalam pembekalan itu, para peserta latihan mendapatkan pengpetunjukan mengenai prosedur keselamatan, tata langkah naik dan turun helikopter, serta daerah-daerah yang kondusif dari jangkauan tembakan.

Beberapa tahapan yang dilalui para peserta latihan mobile udara itu mencakup fase pemuatan, fase pemindahan udara, fase pendaratan, dan fase penyelesaian sasaran. Beberapa operasi yang dapat menggunakan mobile udara itu di antaranya penyergapan dan pengejaran terutama untuk sasaran yang tidak dapat dijangkau oleh pasukan yang melewati jalur darat.

Di Hawaii, 43 prajurit Korps Marinir TNI AL dan tujuh prajurit dari Komando Pasukan Katak TNI AL mengikuti Latma Rimpac 2024 pada 27 Juni—2 Agustus.

Latma Rimpac merupakan latihan yang rutin digelar tiap dua tahun sekali oleh Komando Indo-Pasifik Angkatan Laut AS. Latihan itu sejauh ini tetap menjadi latihan militer terbesar di bumi yang digelar oleh Angkatan Bersenjata AS.

Latma Rimpac 2024 diikuti total 29 negara, ialah AS sebagai tuan rumah, Indonesia, Australia, Belgia, Brazil, Brunei Darussalam, Kanada, Chile, Kolombia, Denmark, Ekuador, dan Prancis.

Kemudian, ada juga Jerman, India, Italia, Jepang, Malaysia, Meksiko, Belanda, Selandia Baru, Peru, Korea Selatan, Filipina, Singapura, Sri Langka, Thailand, Tonga, Inggris, dan Israel.

Latihan itu melibatkan 40 kapal perang permukaan, tiga kapal selam, pasukan Marinir dari 14 negara, 150 pesawat, dan total 25.000 lebih prajurit dari angkatan laut beragam negara.
Baca juga: Pangkoarmada II tinjau latihan TNI AL di Latma Rimpac Hawaii
Baca juga: Marinir TNI AL berbagi pengetahuan memperkuat hidup di rimba saat Rimpac 2024
Baca juga: KRI REM-331 tiba di Pearl Harbour siap ikut Latma Rimpac 2024


Editor: Mahfud







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close