Trends

Terbaru! Unissula terjunkan 300 relawan awasi TPS sekitar kampus - Beritaja

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
beritaja.com
Kami berbareng pengajar dan mahasiswa bakal mengawasi TPS sekitar Unissula, terutama memberi laporan jika ada kecurangan.

Semarang (BERITAJA) - Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang menerjunkan setidaknya 300 sukarelawan dari mahasiswa dan pengajar untuk mengawasi penyelenggaraan Pemilihan Umum 2024 di tempat pemungutan suara (TPS) sekitar kampus.

"Kami berbareng pengajar dan mahasiswa bakal mengawasi TPS sekitar Unissula, terutama memberi laporan jika ada kecurangan," kata Rektor Unissula Prof. Gunarto di Semarang, Senin.

Menurut dia, tim pengawas Unissula itu bakal konsentrasi mencegah terjadinya praktik kecurangan pada pemilu. Jika ada, langsung dicatat dan dilaporkan untuk ditindaklanjuti.

"Supaya kecurangan-kecurangan itumampu dilaporkan sehingga menjadi perhatian penyelenggara pemilu, perhatian seluruh masyarakat, dan media. Kecurangan menjadi perlawanan bersama," katanya.

Namun, kata dia, keterbatasan personel menjadikan langkah pengawasan hanyamampu di TPS-TPS yang ada di permukiman sekitar kampus, seperti Perumahan Genuk Indah.

"Di sekitar kampus, seperti Perumahan Genuk Indah, perkampungan palang sepur (dekat perlintasan kereta). Cuma, kami fokuskan pada pengawasan pemilu agar jujur dan adil," katanya.

Tidak hanya personel, dia menyebut 300 sepeda motor dan 50 mobil juga disiapkan untuk operasional tim pengawas agar langkah pengawasan di TPS-TPS menjadi lebih maksimal.

"Jadi, kami sudah kerja sama juga dengan kelompok-kelompok pengawas lainnya, ada juga pengawas warga," kata Guru Besar Fakultas Hukum Unissula itu.

Untuk laporan pengawasan, lanjut dia, sudah dikembangkan pula aplikasi yangmampu menampung data-data yang dikumpulkan, termasuk gambar dan video.

"Lewat Google Playstore. Kami ada training juga agar efektif dalam menyampaikan pengawasan. Begitu di-download, gambar, peristiwamampu dideskripsikan apa adanya sehinggamampu diketahui masyarakat," kata Gunarto.

Baca juga: Unissula serukan penyelenggaraan pemilu agar jujur dan adil
Baca juga: Unissula usulkan pembebasan PBB bagi aset PTS


Editor: Mahfud
Copyright © BERITAJA 2024





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di



    close