Terbaru! Presiden: Barat tingkatkan tekanan terhadap Serbia untuk akui Kosovo - Beritaja

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
beritaja.com

Belgrade (BERITAJA) - Presiden Serbia Aleksandar Vucic pada Sabtu mengatakan bahwa negara-negara Barat meningkatkan tekanan terhadap Serbia untuk mengakui kemerdekaan Kosovo.

Dalam pidatonya di hadapan publik, Vucic mengatakan ada tiga perihal yang diharapkan dari Serbia.

"Yang pertama adalah pengakuan atas proklamasi kemerdekaan Kosovo dan Metohija serta penolakan support terhadap Republika Srpska (salah satu entitas Bosnia Herzegovina)," kata Vucic.

"Kedua adalah pemberlakuan hukuman terhadap Rusia dan penerapan sikap anti-China, dan yang ketiga adalah pembentukan 'rezim boneka' di Serbia," ujar dia lebih lanjut.

Vucic mengatakan bahwa tekanan terhadap Serbia, dengan tujuan destabilisasi, selalu disinkronkan melalui media dan organisasi non-pemerintah baik di golongan yang memberikan tekanan di dalam negeri maupun luar negeri.

"Anda bakal mendapat sikap dan serangan yang sama dari masyarakat sipil dan beragam golongan penekan yang bakal dilakukan melalui golongan agama, penggemar, dan banyak golongan lainnya," kata Vucic.

Kosovo mendeklarasikan kemerdekaannya dari Serbia pada 2008, dengan sebagian besar negara-negara personil PBB, termasuk AS, Inggris, Prancis, Jerman dan Turki, mengakuinya sebagai negara otonom.

Namun, Serbia tetap menganggap Kosovo sebagai bagian dari wilayahnya.

Anggota aliansi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) dari area Balkan --Albania, Bulgaria, Makedonia Utara, Montenegro, dan Rumania-- berasosiasi menerapkan hukuman Barat terhadap Rusia, dan mengirimkan senjata dan peralatan ke Ukraina.

Serbia dan Kroasia mempunyai industri senjata yang cukup besar di kawasan. Namun, Serbia menolak untuk memberlakukan hukuman terhadap Rusia.

Sumber: Anadolu

Baca juga: Presiden Serbia: Saya bakal dapat Nobel Perdamaian jika akui Kosovo

Baca juga: Serbia, Kosovo kembali kandas sepakati normalisasi hubungan

:
Editor: Mahfud
Copyright © BERITAJA 2024





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
    close