Terbaru! Petani nenas Siak raih peluang baru dari pengolahan grade B dan C - Beritaja

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
beritaja.com

Jakarta (BERITAJA) - Para petani nenas di Kabupaten Siak, Riau meraih kesempatan baru untuk meningkatkan pendapatan mereka dengan pengolahan nenas grade B dan C agar berfaedah dan mempunyai nilai ekonomi.

Pernyataan itu disampaikan Perwakilan Pinaloka dan Penggerak Laboratorium Alam Siak Lestari (ASL), Wulan Suci Ningrum, dalam bertemu pers di Jakarta, Kamis.

Pinaloka adalah merek yang menawarkan produk-produk nenas yang ditanam di lahan gambut, yang dikelola oleh golongan upaya wanita di Kabupaten Siak. Mereka mengembangkan produk-produk penemuan dari Nanas Mahkota Siak yang diambil dari para petani nanas lokal di Desa Tanjung Kuras, Kabupaten Siak.

Wulan mengatakan bahwa selama ini hanya nenas grade A yang dikumpulkan oleh tengkulak dan diekspor. Sedangkan, nenas grade B dan C, yang umumnya berukuran lebih mini dan mempunyai corak tidak sempurna, tidak mempunyai nilai ekonomi dan sering terbuang.

Baca juga: Nenas Mahkota Siak jadi kudapan tongkrongan Jakarta

Baca juga: Budi daya nanas mahkota siak lindungi lahan gambut dari api

“Karena tengkulak tidak pernah mau mengambil nenas grade B dan C, yang di bawah 1 kg. Jadi kami memanfaatkan itu agar ada nilai ekonomisnya juga. Sehingga selain para petani ini dapat nilai ekonomi dari grade A, juga dapat nilai ekonomi dari semua nenas yang dihasilkan,” ujar Wulan saat ditemui selepas bertemu pers.

Wulan menyebut Kabupaten Siak saat ini mempunyai sekitar 3.000 hektar lahan nenas, ​​dengan rata-rata satu hektar lahan nanas dapat menghasilkan 20–25 ton buah per tahun.

Dari jumlah tersebut, sekitar 70 persen nenas grade A bakal diekspor, dan 30 persen nenas lainnya yang masuk dalam kategori grade B dan C diolah menjadi produk-produk turunan nanas, seperti sirup, selai, keripik, dan nanas kering.

Wulan mencontohkan pada awal 2023, sirup nanas yang diolah oleh golongan upaya wanita di Kabupaten Siak, hanya memproduksi 8 liter sirup.

Namun, Wulan mengatakan bahwa berkah kerja sama dengan beragam mitra termasuk kedai-kedai kopi di Siak hingga Jakarta, peningkatan produksi sirup nanas tahun inimampu mencapai 80 liter per bulan.

Peningkatan ini, kata dia, membantu para petani nenas di Kabupaten Siak untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari nenas yang mereka hasilkan.

“Memang lantaran belum terlalu besar (pasarnya), tetapi paling tidak merekamampu upgrade perangkat produksinya agar lebih baik. Mereka juga dapat penghasilan tambahan,” ujar dia.

Nenas Mahkota Siak, hasil panen organisasi petani lokal di lahan gambut Kabupaten Siak, Riau, sekarang merambah hingga ke Jakarta, setelah sebelumnya hanya dipasarkan di Kabupaten Siak.

Nenas Mahkota Siak grade B dan C sekarang datang menjadi bahan baku makanan dan minuman di salah satu warung kopi di Jakarta, Anomali Coffee. Bekerja sama dengan Pinaloka dan Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL), Anomali Coffee meluncurkan lima menu baru yang berbahan dasar Nenas Mahkota Siak.

Wulan berambisi kerjasama ini dapat makin meningkatkan transaksi Pinaloka dan perkembangan ekonomi masyarakat Siak.

Dikutip dari siaran pers, Wakil Bupati Siak Husni Merza mengatakan bahwa Kabupaten Siak berkomitmen untuk mendorong investasi lestari pada komoditas yang ramah gambut, termasuk nenas dengan bekerja sama dengan sejumlah mitra.

“Harapannya hilirisasi berbasis alam menjadi produk separuh jadi alias produk jadi seperti Pinaloka ini dapat terus tercipta dan tumbuh di Siak,” kata Husni.

Ia menyebut Pinaloka saat ini bekerja sama dengan petani lokal dari Desa Tanjung Kuras, Penyengat, Temusai, dan Desa Lalang dengan potensi luasan perkebunan nanas mencapai 3.380 hektar, yang melibatkan 33 petani dan 21 wanita untuk mengolah produk nanas. Targetnya, Pinaloka dapat melibatkan 100 petani pada 2024.*

Baca juga: Nanas dinilaimampu tangkal Corona, petani nanas Siak dulang pesanan

Baca juga: Pembakar lahan tanaman nanas di Siak dibekuk polisi


Editor: Mahfud
Copyright © BERITAJA 2024





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
    close