Terbaru! Penerbangan Makassar-Banjarmasin resmi beroperasi - Beritaja

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
beritaja.com

Makassar (BERITAJA) - Penerbangan rute Makassar - Banjarmasin yang dilayani maskapai Lion Air, resmi beraksi mulai  Rabu, 3 April 2024.

Penjabat Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin, berbareng Kapolda Sulsel, Pangdam IX Hasanuddin, Kajati Sulsel, dan Bupati Maros datang langsung meluncurkan rute baru tersebut di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Rabu.

"Secara langsung inilah yang diinginkan oleh Bapak Presiden Jokowi, membuka jalur penerbangan, jalur laut, ini betul-betul mendukung ekosistem ekonomi baru, ekosistem sosial baru, ekosistem pemerintahan pasca IKN dan IKN itu sekarang ini, pada Agustus itu sudah di sana semua pemerintahan," beber Bahtiar.

Penerbangan Makassar - Banjarmasin ini diinisiasi Pj Gubernur Bahtiar berbareng Kapolda Sulsel serta jejeran Forkopimda, untuk mempermudah mobilisasi masyarakat asal Sulsel di Kalimantan Selatan (Kalsel) maupun masyarakat Kalsel di Sulsel.

Dimana sebelumnya, penerbangan mesti transit dulu ke Surabaya alias Jakarta, kemudian menuju Banjarmasin. Dengan adanya rute langsung Makassar - Banjarmasin ini, selain lebih murah juga mempercepat mobilisasi masyarakat kedua provinsi ini.

Apalagi, kata Bahtiar, Agustus 2024 mendatang, Ibu Kota Negara (IKN) bakal menjadi tujuan baru seluruh masyarakat Indonesia. Pasalnya Agustus mendatang aktivitas pemerintahan bakal berjalan di Penajam Paser Utara, Kalsel.

Untuk itu, lanjutnya, diperlukan armada penerbangan demi mendukung ekosistem ekonomi baru tersebut. Selain itu, rute Makassar-Banjarmasin ini menjadi jalan untuk mempererat hubungan persaudaraan antara masyarakat Sulsel dengan masyarakat Kalsel.

"Nah makanya kita perlu armada penerbangan yang mendukung pelayanan publik di Sulawesi Selatan ini. Bukan sekedar ekonomi, tapi ini adalah jembatan keluarga, jadi erat lagi hubungan dengan Provinsi Sulsel," lanjutnya.

Paling penting, dia mengpenghargaan Lion Group yang sudah mendukung ekosistem ekonomi baru dan siap mengambil kesempatan untuk melakukan rute penerbangan Makassar-Banjarmasin ini.

Menurutnya, secara budaya Kalsel dengan Sulsel ini adalah keluarga, dan secara alamiah sudah berjalan ratusan tahun yang lalu, dimana orang-orang Bugis Makassar ini sudah hidup di Kalimantan. Hampir seluruh Kalimantan, termasuk wilayah Kalimantan Selatan yang sudah menjadi provinsi saat ini.

"Dari sisi laut, memang kita sudah berinteraksi dengan Kalimantan Selatan dan orang-orang Kalimantan Selatan itu adalah orang-orang Bugis Makassar juga. Ini mestinya kita lakukan beberapa puluh tahun lalu. Kenapamampu cepat, lantaran sekarang Kapoldanya adalah Pak Jenderal Andi Rian," lanjutnya.

Sementara itu, Kapolda Sulsel Irjen Pol. Andi Rian Ryacudu Djajadi mengaku, memang berangkat dari pengalaman dirinya di Kalsel. Dimana dinas pertama di Kalimantan Selatan itu tahun 1992, berfaedah sekitar 23 tahun yang lampau jika di hitung dari sekarang.

"Sampai saya menjadi Kapolda di Kalsel tidak ada pesawat langsung dari Kalsel ke Sulsel alias sebaliknya. Kita mesti terbang ke Surabaya paling dekat, jika terpaksa mesti ke Jakarta baru kitamampu ke Banjarmasin," ujarnya.

Sementara dari hasil penelusurannya, sekitar 500 ribu penduduk Sulsel yang sudah tinggal dan membangun family di Kalimantan Selatan.


Editor: Mahfud
Copyright © BERITAJA 2024





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
    close