Trending

Terbaru! MK Sudah Layangkan Surat Pemanggilan Empat Menteri Presiden Jokowi Yang Wajib Hadir - Beritaja

Sedang Trending 2 bulan yang lalu

BERITAJA.COM, JAKARTA – Mahkamah Konstitusi (MK) telah mengirimkan surat pemanggilan terhadap empat menteri dan personil Dewan Kehormatan Penyelenggaraan Pemilu (DKPP) sejak Selasa (02/04/2024) kemarin. Mereka diwajibkan datang dalam sidang lanjutan gugatan sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 pada Jumat (5/4/2024) nanti.

“Yang pasti, MK sudah memanggil secara patut, dan pihak yang dipanggil oleh pengadilan wajib datang dan tidak diwakilkan sesuai surat panggilan,” kata Juru Bicara MK, Fajar Laksono seperti dikutip Beritaja.com, Rabu (3/4/2024).

Keempat menteri yang diminta kehadirannya di MK adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Sosial Tri Rismaharini dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendi.

Selain keempat menteri Presiden Joko Widodo namalain Jokowi itu, sidang sengketa PHPU juga meminta pihak DKPP untuk datang menyampaikan keterangannya dalam rangka penuntasan gugatan yang diajukan Capres 01 dan 03 lantaran kalah di Pemilu 2024 ini.

Baca juga: Aktifkan Satgas RAFI, Pertamina Komitmen Pastikan Layanan Energi Selama Ramadhan dan Idul Fitri 1445 H di Kalsel

Sebagai informasi, keputusan ini berasas hasil rapat para pengadil konstitusi pada Senin (1/4/2024) pagi. Kala itu Ketua MK Suhartoyo menyampaikan hasil rapatnya mengenai pemanggilan para pembantu presiden itu.

“Jumat bakal dicadangkan untuk pemanggilan pihak-pihak yang dipandang perlu oleh Mahkamah Konstitusi berasas hasil rapat yang mulia para pengadil tadi pagi,” kata Ketua MK Suhartoyo di Gedung MK, Jakarta Pusat, Senin (1/4/2024).







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close