Terbaru! Menteri PANRB dan Pemerintah Australia bahas transformasi digital - Beritaja

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
beritaja.com

Jakarta (BERITAJA) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas berjumpa dengan Deputy Head of Mission to Indonesia Australian Public Service Commission (APSC) Stephen Scott di Kantor Kementerian PANRB, Jakarta, Selasa.

Anas mengatakan pertemuan tersebut membahas banyak hal, di antaranya mengenai dengan transformasi digital pada pemerintahan Indonesia serta kerja sama antara Indonesia dan Australia.

“Saat ini Pemerintah Indonesia tengah melakukan transformasi digital melalui pembangunan Government Technology (GovTech). Dan saat berjamu ke Australia, saya memandang bahwa tantangan yang ada di Indonesia, kurang lebih sama dengan yang dihadapi oleh Australia di awal pembentukannya,” kata Anas dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Dia menyebut salah satu tantangan yang sama dengan Australia adalah banyaknya jumlah pemerintah wilayah yang ada. Untuk mengatasinya, perlu dilakukan interoperabilitas aplikasi dan info dari masing-masing lembaga pemerintah dapat saling terhubung dan saat ini tidak lagi masing-masing lembaga pemerintah membikin aplikasi baru.

Oleh lantaran itu, pemerintah pusat saat ini sedang menyiapkan portal nasional untuk menginteroperabilitaskan beragam jasa utama pemerintah kepada masyarakat.

Anas juga menyampaikan bahwa saat ini terdapat sembilan jasa prioritas pemerintah yang merupakan jasa dasar yang diintegrasikan dalam portal tersebut agar dapat semakin mudah diakses oleh masyarakat.

“Seperti yang disampaikan oleh Para Menteri dari Inggris, Estonia, Jepang, Korea termasuk Minister for the Public Service Australia yang kami temui pada kunjungan yang kami lakukan, digitalitasi pemerintahan bukan hanya soal teknologi, melainkan juga komitmen politik. Sehingga keputusan ini sangat krusial gimana digitalisasi menjadi prioritas dan komitmen pemerintah serta kami saat ini sedang menyiapkan beragam kebijakan untuk mendukung perihal tersebut,” ujarnya.

Selain itu, dia juga mengpenghargaan kerja sama yang telah terjalin selama ini antara Kementerian PANRB dan APSC.

“Kami mengpenghargaan langkah-langkah yang telah dijalankan berbareng antara Kementerian PANRB dan APSC, apalagi melalui Prospera (Program Kemitraan Indonesia Australia untuk Perekonomian). Kami berambisi ada tim dari Prospera yangmampu mendampingi kami untuk menjalankan kerja sama ini,” ungkap Anas.

Sekretaris Kementerian PANRB Rini Widyantini juga menyampaikan penghargaannya terhadap APSC dan Prospera yang sudah mendampingi Kementerian PANRB dalam beragam hal, termasuk pelayanan publik dan reformasi birokrasi.

Dia mengatakan APSC mempunyai program yang bagus dalam digitalisasi pemerintahan, termasuk jasa digital.

“Digitalisasi dalam pemerintahan tidakmampu dilakukan tanpa adanya transformasi birokrasi. Sehingga melalui kerja sama dengan APSC, kami dapat bekerja berbareng untuk mematangkan transformasi digital pemerintah di Indonesia,” pungkas Rini.

Selain transformasi digital, pertemuan tersebut juga membahas mengenai perpindahan ibu kota negara yang saat ini sedang bakal berjalan dari Jakarta ke Nusantara di tahun 2024 ini. Australia pun pernah melakukan pemindahan ibu kota dari Melbourne ke berra pada 1927.
Baca juga: Menpan RB dan mensesneg matangkan tahap pemindahan ASN ke IKN
Baca juga: Menteri Anas minta Plt Kepala LAN percepat langkah transformasi LAN
Baca juga: Menpan RB kenalkan lompatan transformasi digital RI di Internasional

Pertemuan itu juga membahas GovTech, sistem seleksi CASN, serta identitas kependudukan digital (IKD). Pada Januari 2023, Kementerian PANRB dan APSC telah berkomitmen untuk bekerja sama dalam penyelenggaraan reformasi birokrasi, penguatan kebijakan, hingga pengembangan kapabilitas ASN.


Editor: Mahfud
Copyright © BERITAJA 2024





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
    close