Trends

Terbaru! Menparekraf: Okupansi hotel meningkat 80 persen pada libur pekan lalu - Beritaja

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
beritaja.com

Jakarta (BERITAJA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, selama libur panjang pada 7-11 Februari 2024 tingkat keterisian hotel (okupansi) di sejumlah area wisata meningkat hingga 80 persen.
 

"Menurut laporan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), tingkat okupansi hotel naik hingga 80 persen di sejumlah area wisata di Sumatera Barat, Pekanbaru, sepanjang pantai pulau Jawa dan Bandung, Yogyakarta, Jawa Timur termasuk Banyuwangi sampai ke Bali," ujar Sandiaga dalam The Weekly Brief with Sandi Uno yang dipantau secara daring di Jakarta, Senin.

Dua libur yang berjalan berdekatan, ialah peringatan Isra' Mi'raj dan Tahun Baru Imlek 2024 diakuinya turut menyumbang peningkatan kunjungan visitor ke sejumlah lokasi wisata hingga pusat jajanan dan oleh-oleh.

Ia mengakui, dalam kunjungan kerja pada minggu lampau ke Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat area destinasi favorit, hingga restoran dipadati pengunjung, termasuk moda transportasi kereta sigap Whoosh juga dipenuhi penumpang.

"Saya sendiri berjamu ke Jawa Tengah, Jawa Timur, Jabar, Jateng, semuanya malah full. Malah pas hari Kamis, Whoosh ke Bandung itu full selama 40 pemberangkatan lebih. Sampai saya mesti duduk di tengah," jelasnya.

Dengan pergerakan visitor nusantara itu, Sandiaga menilai libur panjang pekan lampau ini menjadi salah satu bagian dari torehan dari 1,2-1,5 miliar sasaran pergerakan visitor nusantara pada 2024.

Sementara berangkaian dengan proyeksi perputaran duit yang terjadi pihaknya hingga sekarang tetap melakukan penghitungan secara menyeluruh.

Berdasarkan info dari Kementerian Perhubungan, lanjut dia, tercatat sebanyak 1 juta pergerakan yang dilakukan masyarakat menggunakan moda pikulan darat, pergerakan menggunakan pikulan udara sebanyak 1,2 juta, pergerakan melalui pikulan laut sebanyak 540 ribu pergerakan, kereta api sebanyak 1,4 juta pergerakan.


Editor: Mahfud
Copyright © BERITAJA 2024





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di



    close