Terbaru! KY perpanjang masa pendaftaran calon hakim agung dan ad hoc HAM di MA - Beritaja

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
beritaja.com

Jakarta (BERITAJA) - Komisi Yudisial (KY) memperpanjang masa pendaftaran calon pengadil agung dan calon pengadil ad hoc kewenangan asasi manusia (HAM) di Mahkamah Agung (MA) dari semula hingga Kamis, 22 Februari menjadi Selasa, 27 Februari 2024.

Pengumuman perpanjangan ini ditandatangani oleh Ketua KY Amzulian Rifai, Kamis, untuk memberi kesempatan bagi calon pengadil agung dan calon pengadil ad hoc HAM di MA yang belum menyelesaikan registrasi secara komplit agar segera menyelesaikan pengisian info dan mengunggah berkas persyaratan.

“Dalam rangka memberikan kesempatan lebih luas kepada penduduk negara Indonesia terbaik yang memenuhi persyaratan untuk mengikuti seleksi calon pengadil agung dan calon pengadil ad hoc HAM di MA tahun 2024, KY memperpanjang pemisah waktu penerimaan usulan calon pengadil agung dan calon pengadil ad hoc di MA yang semula berhujung pada tanggal 22 Februari 2024 menjadi 27 Februari 2024," demikian Amzulian sebagaimana siaran pers diterima di Jakarta.

Hingga Kamis ini pukul 16.00 WIB, KY telah menerima 120 pendaftar konfirmasi untuk calon pengadil agung, meliputi 24 orang pendaftar Kamar Perdata, 51 orang pendaftar Kamar Pidana, 24 orang pendaftar Kamar Agama, 9 orang pendaftar Kamar TUN, dan 12 orang pendaftar bilik TUN Pajak. Selain itu, ada 15 pendaftar konfirmasi untuk calon pengadil ad hoc HAM di MA.

Baca juga: KY ingatkan calon pengadil agung dan ad hoc HAM segera lengkapi berkas

Baca juga: KY: Kebutuhan pengadil ad hoc HAM di MA tergolong sangat mendesak

Diketahui, KY membuka pendaftaran untuk dua pengadil agung Kamar Perdata, tiga pengadil agung Kamar Pidana, satu pengadil agung Kamar Agama, satu pengadil agung Kamar TUN (Tata Usaha Negara), tiga pengadil agung Kamar TUN unik pajak, serta tiga pengadil ad hoc HAM di MA.

Adapun persyaratan dan tata langkah pengusulan telah diatur dalam Pengumuman Nomor: 1/PENG/PIM/RH.01.02/01/2024 tentang Penerimaan Usulan Calon Hakim Agung RI Tahun 2024 dan Nomor: 2/PENG/PIM/RH.04.02/01/2024 tentang Penerimaan Usulan Calon Hakim ad hoc HAM di MA RI Tahun 2024.

"Informasi secara komplit beserta persyaratannya dapat dilihat di www.rekrutmen.komisiyudisial.go.id," imbuh Amzulian.

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi Yudisial Siti Nurdjanah mengatakan bahwa kebutuhan pengadil ad hoc HAM di MA tergolong sangat mendesak. Sebab, proses norma kasus pelanggaran HAM Berat Paniai di tingkat kasasi mandek akibat belum adanya pengadil ad hoc yang mengadili.

"Di MA belum ada pengadil ad hoc HAM, padahal dalam undang-undang diatur bahwa perkara HAM mesti diurus oleh majelis pengadil yang terdiri atas pengadil pekerjaan dan pengadil ad hoc HAM," kata dia di Jakarta, Selasa (6/2).

Pendaftaran seleksi calon pengadil agung dan calon pengadil ad hoc HAM itu sejak 30 Januari 2024. Pada Jumat (16/2), KY juga sudah mengingatkan para pendaftar seleksi calon pengadil agung dan calon pengadil ad hoc HAM di MA untuk segera melengkapi berkas melalui laman resmi rekrutmen KY sebelum pemisah akhir masa pendaftaran.*

Baca juga: KY buka pendaftaran calon pengadil "ad hoc" HAM MA

Baca juga: KY, Bawaslu dan UI awasi persidangan pemilu dan pilkada


Editor: Mahfud
Copyright © BERITAJA 2024





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
    close