Terbaru! Kementerian PUPR: Akses Tol Makassar New Port perlancar jalur ekspor - Beritaja

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
beritaja.com
Kita harapkan dengan pembangunan jalan ini, akses dari pelabuhan lama menuju pelabuhan baru menjadi lebih mudah

Jakarta (BERITAJA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mengatakan kehadiran Jalan Akses Tol Makassar New Port (MNP) dapat memperlancar jalur ekspor dan impor.

“Kita harapkan dengan pembangunan jalan ini, akses dari pelabuhan lama menuju pelabuhan baru menjadi lebih mudah. Serta dapat meningkatkan konektivitas, memperlancar jalur ekspor dan impor pengedaran logistik, efisiensi waktu tempuh 4 kali lebih sigap untuk transportasi peti kemas, dan mengurangi nomor kemacetan,” ujar Kepala BPJT Miftachul Munir di Jakarta, Jumat.

Miftachul mengatakan Jalan Akses Tol MNP mendukung operasional Pelabuhan MNP yang mempunyai proyeksi kapabilitas sebanyak 900 ribu TEUs pada tahun 2023.

Untuk bangunan Jalan Akses Tol MNP dilakukan oleh PT Bintaro Serpong Damai, sementara pengelolaan operasinya bakal dilakukan oleh PT Jalan Tol Seksi Empat.

Jalan Akses Tol MNP ini merupakan bagian dari sistem jaringan jalan tol di Metropolitan Makassar yang sekarang sudah berjejaring sepanjang 25 km. Pembangunannya berfaedah untuk meningkatkan konektivitas Pelabuhan MNP dengan jaringan jalan tol eksisting di Makassar dan sekitarnya.

Saat ini, jaringan jalan tol yang tengah beraksi di Makassar dan sekitarnya mempunyai total panjang 25 km. Meliputi, Seksi I dan Seksi II sepanjang 6,05 km, Seksi III sepanjang 4,03 km, Seksi IV sepanjang 11,60 km, dan akses tol MNP sepanjang 3,2 km.

“Seksi I dan II dari pelabuhan ke petunjuk kota, sudah lebih dulu terbangun dan beraksi mulai tahun 1998. Kemudian, Seksi 3 menyambungkan tol dalam kota, dan Seksi 4 menyambungkan ke petunjuk bandara,” kata Miftachul.

Jalan Akses Tol MNP dibangun sepanjang 3,2 km dengan biaya investasi sebesar Rp705 M. Jalan Akses ini dibangun dengan lebar lajur sepanjang 4 meter dengan jenis perkerasan lentur, dan terbagi dalam tiga tahap. Tahap pertama dilakukan mulai dari petunjuk pelabuhan lama (Jalan Tol Seksi 1) menuju MNP.

Sementara, pembangunan tahap kedua dilakukan dari petunjuk Bandara (Jalan Tol Makassar Seksi IV) menuju ke MNP. Tahap pertama dan kedua dikerjakan berbarengan sedangkan tahap ketiga dari MNP menuju ke Bandara bakal dikerjakan pada tahap berikutnya.

Baca juga: Erick Thohir dampingi Presiden ke Makassar resmikan pelabuhan-jalan tol
Baca juga: Jalan tol akses Makassar New Port difungsikan pada 2 Januari 2024
Baca juga: Tarif tol di Makassar naik per 29 September


Editor: Mahfud
Copyright © BERITAJA 2024





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
    close