Trends

Terbaru! Kementerian ATR target sertifikatkan 1,4 juta lahan di Kabupaten Bogor - Beritaja

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
beritaja.com
Sudah diselesaikan sekitar 1 juta bidang. Kami berambisi jumlahnya terus bertambah sampai akhir tahun 2025.

Kabupaten Bogor (BERITAJA) - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menargetkan publikasi sertifikat untuk 1,4 juta bagian lahan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, hingga akhir 2025 melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto saat menyerahkan sertifikat tanah di Pamijahan, Kabupaten Bogor, Senin, mengatakan bahwa hingga sekarang program PTSL di Kabupaten Bogor sudah mencapai 73 persen.

"Sudah diselesaikan sekitar 1 juta bidang. Kami berambisi jumlahnya terus bertambah sampai akhir tahun 2025," ungkap Hadi.

Baca juga: Menteri ATR serahkan 500 sertifikat tanah di Kabupaten Bogor

Ia menjelaskan, dengan kepemilikan sertifikat tanah, masyarakat telah mempunyai kepastian norma mengenai kewenangan atas tanahnya. Kemudian, masyarakat dapat meningkatkan taraf ekonomi dengan menjadikan sertifikat sebagai akses untuk mendapatkan modal ke lembaga finansial formal.

“Dampaknya untuk pertumbuhan nilai ekonomi sangat besar sekali, kemudianmampu digunakan masyarakat untuk upaya dan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat,” kata Hadi.

Ia menyerahkan langsung 500 sertifikat tanah kepada masyarakat Desa Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, pada Senin siang.

Baca juga: Presiden Jokowi serahkan 3.000 sertifikat PTSL di Kabupaten Bandung

Sertifikat diserahkan kepada 10 orang perwakilan penerima, dibarengi dengan masyarakat lainnya yang datang di lingkungan Desa Gunung Sari.

"Pertama tanah Bapak/Ibu sudah kondusif terhadap persoalan dicaploknya oleh mafia tanah, lantaran apa, lantaran sudah mempunyai sertifikat dan sudah tercatat di instansi pusat secara elektronik. Jadi hari ini tanah Bapak/Ibu sudah dilindungi secara norma kewenangan atas tanahnya," ujarnya.
 


Editor: Mahfud
Copyright © BERITAJA 2024





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di



    close