Terbaru! KemenKopUKM kerja sama dengan 15 LBH beri bantuan hukum kepada UMK - Beritaja

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
beritaja.com
Sehingga pelanggaran norma oleh pelaku upaya mikro dapat diminimalkan, serta kepastian dan perlindungan norma dapat terjamin

Jakarta (BERITAJA) - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menggandeng 15 mitra lembaga support norma (LBH) di beragam wilayah untuk meningkatkan jasa support dan pendampingan norma kepada para pelaku upaya mikro dan mini (UMK).

Langkah tersebut sesuai dengan Undang-Undang Cipta Kerja dan Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2021 tentang Kemudahan, Pelindungan dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah, yang mengamanatkan pemerintah pusat dan pemerintah wilayah untuk menyediakan jasa support dan pendampingan norma kepada pelaku UMK.

“Perlu kita sadari bahwa pelaku UMK tetap mempunyai beragam keterbatasan dalam pengelolaan upaya mereka, sehingga kerap menghadapi persoalan hukum,” ucap Deputi Bidang Usaha Mikro KemenKopUKM Yulius di Jakarta, Selasa.

Ia menekankan bahwa UMK mendominasi struktur badan upaya di seluruh Indonesia. Oleh lantaran itu, keberadaan UMK ini krusial dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Kontribusi UMK terhadap pendapatan negara, penyerapan tenaga kerja dan pengentasan kemiskinan juga diharapkan dapat meningkat.

Meskipun begitu, Yulius menjelaskan bahwa banyak keterbatasan yang menghalang UMK di Indonesia. Hambatan-hambatan ini meliputi perizinan usaha, pembiayaan, ketenagakerjaan, pemasaran, sumber daya manusia.

Baca juga: KemenKopUKM minta pelaku upaya utamakan mediasi dalam sengketa hukum

Baca juga: KemenkopUKM terus perkuat kerjasama kembangkan koperasi dan UMKM

Untuk itu, dia mengatakan perlu ada support dan pendampingan agar mereka berkembang.

Ia menuturkan bahwa KemenKopUKM telah menyusun program jasa support dan pendampingan hukum, untuk mewujudkan petunjuk peraturan perundangan dan mengambil langkah-langkah yang strategis, guna mendukung para pelaku UMK.

Deputi Bidang Usaha Mikro Kemenkop UKM juga telah melakukan kerja sama dengan beragam pihak, antara lain dengan Mahkamah Agung, lembaga support hukum, dan firma norma dalam upaya mewujudkan jasa support dan pendampingan norma kepada upaya mikro dan mini secara optimal.

Selain untuk memberikan jasa support dan pendampingan norma kepada UMK, kerja sama ini diharapkan dapat mendorong para mitra untuk memberikan bimbingan, literasi dan motivasi untuk perkembangan UMK di wilayah kerja masing-masing.

“Sehingga pelanggaran norma oleh pelaku upaya mikro dapat diminimalkan, serta kepastian dan perlindungan norma dapat terjamin,” katanya.

Yulius menekankan perlu support perencanaan program yang baik dan SDM yang mempunyai komitmen keberpihakan pada pemberdayaan upaya mikro dan mini untuk memastikan kerja sama ini dapat melangkah dengan baik.

Dalam mendukung penyelenggaraan jasa support dan pendampingan hukum, Kemenkop UKM juga telah membangun aplikasi untuk memberikan kemudahan bagi upaya mikro dan mini dalam penyampaian permohonan alias pengaduan, sekaligus memudahkan bagi para pihak untuk memantau perkembangan layanan.

Sebanyak 15 lembaga alias mitra LBH yang menyatakan komitmen berbareng KemenKopUKM, antara lain Lembaga Penyuluhan Konsultasi dan Bantuan Hukum Islam (LPKBHI), Fakultas Syariah, Hukum Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, dan Law Firm Indra & Wendy’s Partner, Pekanbaru.

Kemudian, Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Dan Konsultasi Citra Keadilan Indonesia, Jakarta Utara, Law Firm Supriyadi & Partners, Jakarta Selatan, ASM Law Office, Batam, Kantor Hukum Jomi Suhendri Saputra & Associates, Jakarta Utara, Law Firm Pencerah, Medan, dan LKBH Universitas Balikpapan (Kalimantan Timur).

Baca juga: KemenkopUKM kembali adakan pendampingan upaya bagi para wirausaha

Baca juga: KemenKopUKM gandeng Belanda kembangkan upaya rintisan sektor pertanian


Editor: Mahfud
Copyright © BERITAJA 2024





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
    close