Trends

Terbaru! Forkompimda Sulsel gelar zikir doakan Pemilu 2024 berjalan damai - Beritaja

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
beritaja.com
"Kegiatan zikir dan angan kebangsaan yang kita gelar hari ini adalah bentuk dari pada komitmen kita, sinergi kita dan termasuk seluruh unsur Forkopimda serta seluruh masyarakat di Sulsel menjaga situasi tetap aman, nyaman dan tenteram menjelang pelaksanaan

Makassar (BERITAJA) - Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Sulawesi Selatan mengelar zikir dan sekaligus mendoakan agar penyelenggaraan Pemilu serentak pada Rabu, 14 Februari 2024 melangkah kondusif dan damai.

"Kegiatan zikir dan angan kebangsaan yang kita gelar hari ini adalah bentuk dari pada komitmen kita, sinergi kita dan termasuk seluruh unsur Forkopimda serta seluruh masyarakat di Sulsel menjaga situasi tetap aman, nyaman dan tenteram menjelang penyelenggaraan Pemilu serentak," kata Kapolda Sulsel Irjen Pol Andi Rian R Djajadi seusai aktivitas di Masjid 99 Kubah, kompleks reklamasi CPI Makassar, Selasa.

Kapolda juga mau memastikan seluruh kesiapan dalam mensukseskan Pemilu melangkah tenteram dan kondusif sehingga salah satu upaya dilaksanakan dengan menggelar zikir dan angan untuk melengkapinya.

"Tentu kita semua bermunajat bermohon kepada Allah SWT memohon ridho dan rahmat dari Allah SWT, semoga semua penyelenggaraan melangkah aman, lancar dan damai," papar perwira tinggi Polri kelahiran Wajo ini menekankan.

Saat ditanyakan sejauh ini menjelang hari pemungutan suara apakah ada hambatan yang dihadapi, kata dia, sejauh ini belum ada. Namun demikian, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak mengenai untuk mensukseskan Pemilu.

"Insya Allah, semua sudah kami komunikasikan, makanya finalnya ini, tinggal kita bermohon kepada sang Maha Khalik. Dan aktivitas ini juga secara serentak dilaksanakan secara virtual dengan kabupaten kota se-Sulsel," kata mantan Kapolda Kalimantan Selatan ini.
 

Suasana zikir dan angan kebangsaan Pemilu Damai yang diikuti pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Sulawesi Selatan dan Pemerintah Kota Makassar di kompleks reklamasi CPI Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (12/2/2023). BERITAJA/Darwin Fatir.

Mengenai dengan pengamanan pengedaran logistik, kapolda menyatakan ada tiga kabupaten yang dianggap perlu perhatian khusus. Khusus pengantaran dan pengembalian logistik berasas geografis ialah di Kabupaten Kepulauan Selayar, Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep) dan Kabupaten Luwu Utara.

"Alhamdulillah, tadi saya juga tetap ketemu dengan teman-teman KPU, mereka melaporkan bahwa semuanya sudah sampai di kabupaten tersebut, dan di suplai ke kecamatan-kecamatan. Jadi, teman-temanmampu memonitor kondisinya," tutur Andi Rian.

"Insya Allah, pada hari H kami berbareng dengan seluruh Forkopimda Provinsi Sulsel dan pengawas, kami bakal melakukan beberapa pemantauan pada proses penyelenggaraan pemilihan," katanya lagi.

Ia pun menghimbau menghimbau kepada masyarakat yang mempunyai kewenangan suara jangan golput, datanglah ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) menyampaikan aspirasinya menyalurkan kewenangan suaranya lantaran satu suara sangat bernilai.

"Saat ini penyelenggaraan Pemilu serentak, artinya kita dapat memilih lagi, itu lima tahun ke depan. Jadi, waktunya ke depan kita bersama-sama ke TPS untuk memilih. Insya Allah kami berbareng Kantibmas bakal menjamin, menjaga suasana situasi di Sulsel tetap kondusif kondusif dan nyaman," ucapnya lagi menyarankan.

Mengenai dengan potensi kecurangan, kata dia menegaskan, pihaknya telah bekerja sama dengan Bawaslu yang ada di semua tingkatan dari mulai provinsi, kabupaten kota hingga jaringan-jaringannya.

"Ada juga namanya Sentra Gakkumdu (Penegakan Hukum Terpadu), dimana setiap info yang masuk untuk mereka itu tentu dilakukan proses-proses verifikasi dan seterusnya," ujar kapolda menambahkan.

Sementara itu dai kondang Ustas Das'ad Latif mengemukakan aktivitas dzikir dan angan kebangsaan tersebut merupakan perwujudan dari Pancasila. Sila pertama, Ketuhanan yang Maha Esa, semua percaya bahwa kejadian ini telah diatur dengan baik oleh Allah SWT. Ada juga sila ketiga, tenteram yang diharapkan merupakan corak Persatuan Indonesia.

"Bagi kita orang IsIam berpegang teguhlah kepada tali persaudaraan kepercayaan Allah dan janganlah engkau bercerai-berai. Dan 14 Februari yang bakal datang penerapan dari sila keempat yakni, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan," tuturnya.


Editor: Mahfud
Copyright © BERITAJA 2024





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di



    close