Terbaru! Distan Semarang: Pemotongan sapi di RPH meningkat jelang Lebaran - Beritaja

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
beritaja.com
Saat sidak kami tidak menemukan daging yang tidak memenuhi syarat

Semarang, Jateng (BERITAJA) - Dinas Pertanian Kota Semarang, Jawa Tengah, menyebut permintaan pemotongan sapi di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Penggaron mulai mengalami peningkatan menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Kami sudah melakukan pengawasan daging yang beredar untuk kesiapan Lebaran," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Distan Kota Semarang Hernowo Budi Luhur di Semarang, Jateng, Rabu.

Menurut dia, nilai daging sapi di pasaran saat ini tetap cukup stabil di nomor Rp110.000 per kilogram dengan permintaan pemotongan sapi di RPH Penggaron mulai terjadi peningkatan.

Pada hari-hari biasa, kata dia, RPH Penggaron Semarang rata-rata memotong 25 ekor sapi per hari, tetapi saat ini permintaan pemotongan sudah mencapai 40 ekor sapi setiap hari.

Meski permintaan pemotongan sapi di RPH meningkat, dia mengatakan bahwa sejauh ini beberapa pasar tradisional belum berakibat dan belum ada lonjakan permintaan yang tinggi.

Ia memprediksi kenaikan nilai daging sapi bakal terjadi mulai H-3 alias tiga hari sebelum Lebaran, tetapi kemungkinan tidak terlalu signifikan, ialah di kisaran Rp5.000-8.000 per kilogram.

"Yang jelas memang prediksinya H-3 Lebaran kemungkinan ada kenaikan (harga daging sapi) walaupun tidak tinggi, sekitar Rp5.000-8.000 per kg lantaran permintaan yang tinggi," katanya.

Namun, dia memastikan bahwa pasokan daging sapi di Kota Semarang hingga Lebaran bakal tetap aman, sehingga masyarakat tidak perlu cemas dengan terjadinya kelangkaan daging sapi.

Apalagi, kata dia, pola perilaku masyarakat dalam mengonsumsi daging juga berubah, ialah tidak hanya mengandalkan daging segar, tetapi sudah mulai menyimpan daging beku.

Untuk kualitas daging, Hernowo menjelaskan bahwa sejauh ini belum ada temuan daging yang tidak memenuhi syarat di pasaran dari hasil inspeksi mendadak (sidak) yang dilakukan.

"Saat sidak kami tidak menemukan daging yang tidak memenuhi syarat, memang ada kualitas yang bagus dan bagus sekali. Pedagang dari luar kota tetap tertib untuk masuk di proses pengecekan," katanya.

Baca juga: Harga daging sapi di Semarang tidak turun
Baca juga: Barantin sebut 3.323 sapi hidup asal Australia tiba di Indonesia
Baca juga: ID FOOD sebut 2.350 ekor sapi impor tiba bulan ini


Editor: Mahfud
Copyright © BERITAJA 2024





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
    close