Trends

Terbaru! BMKG ingatkan potensi hujan sedang-lebat wilayah Sulut - Beritaja

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
beritaja.com
Discover Millions of Products
Saat ini El Nino tetap aktif dengan intensitas sedang

Manado (BERITAJA) -

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah VI Makassar, mengingatkan potensi hujan sedang hingga lebat di wilayah Sulawesi Utara.

"Saat ini El Nino tetap aktif dengan intensitas sedang (moderate) dan diprediksi bakal melemah secara gradual mulai April 2024 hingga mencapai nilai negatif mulai Juni 2024," kata Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah VI Makassar, Irwan Slamet di Manado, Kamis.

Dalam buletin info peringatan awal cuaca dan suasana dasarian II April 2024 di Provinsi Sulawesi Utara, Irwan menyebut kondisi 'Indian Ocean Dipole' (IOD) berada pada status positif.

Indeks IOD diprediksi netral pada April 2024 dan bakal memperkuat hingga pertengahan tahun 2024.

Selanjutnya di 13 April 2024 potensi hujan sedang hingga lebat terdapat di Kota Manado, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, dan Kabupaten Minahasa Selatan.

Tanggal 14 April 2024 potensi hujan sedang hingga lebat terdapat di Kota Manado, Kota Bitung, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Tenggara, dan Kabupaten Minahasa Selatan.

Prakiraan cuaca tanggal 15 April 2024, potensi hujan sedang hingga lebat terdapat di Kota Manado, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, dan Kabupaten Minahasa Selatan.

Sementara di tanggal 16 April 2024 potensi hujan sedang hingga lebat diperkirakan terjadi di Kota Manado, Kota Bitung, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan, dan Kabupaten Bolaang Mongondow.

Irwan berambisi info inimampu dijadikan kewaspadaan dan pertimbangan untuk melakukan langkah mitigasi akibat ikutan dari kondisi tersebut.

"Apabila memerlukan info lebih rinci mengenai dengan info iklim, prakiraan cuaca dan peringatan awal dapat menghubungi instansi unit pelaksana teknis BMKG terdekat," minta Irwan.

Baca juga: Bali berpotensi hujan disertai angin saat Lebaran hingga 11 April
Baca juga: BMKG memperingatkan potensi hujan di sejumlah wilayah Indonesia
Baca juga: BMKG: Waspada cuaca ekstrem di Sulawesi Utara hingga 11 April


Editor: Mahfud
Copyright © BERITAJA 2024







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close