Trends

Terbaru! Bapenda Riau hapus sanksi denda terlambat membayar pajak kendaraan - Beritaja

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
beritaja.com
Discover Millions of Products
Petugas kami sudah siap untuk melayani, kami menyarankan masyarakat memanfaatkan akomodasi pembayaran lainnya yang sudah kami sediakan

Pekanbaru (BERITAJA) - Badan Pendapatan Daerah Provinsi Riau menghapus hukuman denda keterlambatan pembayaran pajak kendaraan yang jatuh tempo pada tanggal libur dan libur berbareng Hari Raya Idul Fitri 1445 H/Lebaran 2024 ialah pada 8-15 April 2024.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Riau, Evarefita di Pekanbaru, Senin, mengatakan perihal itu dilakukan lantaran Pelayanan Samsat Provinsi saat itu diliburkan dan kembali melayani wajib pajak mulai Selasa (16/4).

Dia mengimbau masyarakat tidak hanya memanfaatkan akomodasi di Samsat konvensional saat bayar pajak kendaraan.

"Petugas kami sudah siap untuk melayani, kami menyarankan masyarakat memanfaatkan akomodasi pembayaran lainnya yang sudah kami sediakan," katanya.

Masyarakat Riau, lanjutnya,mampu memanfaatkan akomodasi pembayaran pajak kendaraan seperti Samsat tanpa turun, Samsat Keliling, Samsat Mal Pelayanan Publik, Samsat Tanjak dan aplikasi Samsat Digital Nasional saat bayar pajak.

Hal itu untuk menghindari terjadinya antrean panjang di kantor-kantor Samsat konvensional, yang disebabkan oleh tingginya tingkat kunjungan masyarakat yang memanfaatkan pembebasan denda selama libur Idul Fitri tersebut.

Baca juga: Kanwil DJP Riau sita aset senilai Rp1,95 miliar dari penunggak pajak

Baca juga: Seluruh Kantor Pajak Riau buka jasa Sabtu-Minggu hingga akhir Maret

Terkait akomodasi pembayaran pajak kendaraan, Evarefita juga membujuk masyarakat untuk memanfaatkan aplikasi Signal (Samsat Digital Nasional). Aplikasi pembayaran pajak kendaraan daring yang dikhususkan untuk pengesahan tahunan.

"Untuk yang tetap berada di kampung halaman, tetap tetapmampu bayar pajak kendaraan dengan aplikasi Signal. Aplikasinyamampu diunduh di 'Playstore' alias di 'Appstore'. Tapi aplikasi ini hanyamampu untuk pajak tahunan dan kendaraan yang tidak mempunyai tunggakan," sebutnya.

Selain aplikasi Signal, publik juga dapat memanfaatkan fasiltas Samsat Drive Thru atau jasa tanpa turun kendaraan, terutama untuk wajib pajak yang berada di Pekanbaru, Tembilahan (Indragiri Hilir), Ujung Tanjung (Rokan Hilir) dan Pangkalan Kerinci (Pelalawan).

Keempat wilayah tersebut sejak beberapa tahun terakhir sudah dilengkapi dengan keberadaan Samsat Drive Thru dengan pelayanan yang membikin masyarakat cukup menunggu di atas kendaraan.

Baca juga: DJP Riau kumpulkan Rp23,1 triliun pajak selama 2023

Baca juga: DJP Riau himpun penerimaan pajak Rp17, 5 triliun hingga September 2023

Bayu Agustari Adha
Editor: Mahfud
Copyright © BERITAJA 2024







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close