Terbaru! Bapanas gencarkan edukasi penyelamatan pangan pada ibu rumah tangga - Beritaja

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
beritaja.com

Jakarta (BERITAJA) - Badan Pangan Nasional (Bapanas) terus melakukan edukasi mengenai pengamanan pangan lewat “Ramadhan Ceria Pangan”, dengan menyasar beragam lapisan masyarakat mulai dari anak-anak hingga ibu rumah tangga.

"Anak-anak ini bakal memegang tongkat estafet di masa depan. Karena itu mereka perlu dibekali satu konsep tentang gimana berperilaku terhadap pangan secara lebih baik, tidak royal pangan, sehingga akibatnya tidak hanya pada dirinya, tapi juga pada lingkungan sekitarnya,” kata Deputi Bidang Kerawanan Pangan dan Gizi Bapanas Nyoto Suwignyo dalam keterangan di Jakarta, Rabu.

Nyoto mengatakan penanganan Food Loss and Waste (FLW) dengan menyasar beragam lapisan masyarakat sangat krusial dilakukan untuk diinternalisasi nilai-nilai yang berangkaian dengan pangan demi mewujudkan Indonesia Emas 2045.

“Begitu juga dengan para ibu yang notabene menyediakan pangan bagi rumah tangga itu mesti teredukasi mengenai gimana memanfaatkan pangan secara baik dan mencegah perilaku royal pangan,” ujar Nyoto.

Kegiatan Ramadhan Ceria Pangan (RCP) dilaksanakan Bapanas bekerja sama dengan Superindo dan Food Bank of Indonesia (FOI) di Palang Merah Jakarta Barat.

Sementara itu, Direktur Kewaspadaan Pangan dan Gizi Bapanas Nita Yulianis mengatakan, aktivitas tersebut merupakan aktivitas tahunan yang dimasifkan bekerja-sama dengan beragam pemangku kepentingan dan sesuai pengpetunjukan Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi.

“Kami punya mitra luar biasa lantaran kita menyadari pemerintah tidakmampu sendiri. Karena itu kami penghargaan Superindo dan FOI bekerja-sama berbareng kami sehinggamampu berbagi untuk semua,” ungkap Nita.

Melalui aktivitas Ramadhan Ceria Pangan, Bapanas melakukan pendekatan utama dalam upaya mengurangi pemborosan pangan melalui upaya sosialisasi, promosi, dan advokasi.

Selanjutnya fasilitasi tindakan pengamanan pangan untuk disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan, melalui penyediaan mobil logistik dan food truck serta upaya kerjasama dengan para dermawan pangan beserta penggiat “Selamatkan Pangan”.

Sosialisasi dan kampanye untuk mencegah pemborosan/kemubaziran pangan dilakukan dengan dongeng dan demo masak serta dimeriahkan dengan beragam permainan dan sejumlah hadiah.

“Selain di pusat, aktivitas Ramadhan Ceria Pangan juga digencarkan di 15 provinsi pelaksana aktivitas dekonsentrasi kewaspadaan pangan dan gizi. Pada tahun 2024 ini, terdapat empat Provinsi yang beririsan dengan aktivitas Senyuman Ramadan yang diusung FOI dan Superindo ialah Sumatera Selatan, Banten, Jawa Barat, dan Jawa Timur, kata Nita.

General Manager Corporate Affairs Superindo Yuvlinda Susanta mengatakan bahwa pihaknya mempunyai program Senyuman Ramadhan sehingga sejalan dengan program yang diusung oleh Bapanas.

“Kami berambisi kerjasama ini memberi faedah yang lebih luas kepada masyarakat. Dan momentum Ramadhan ini menjadi bagian dari ikhtiar berbareng untuk memaksimalkan ibadah melalui tindakan bersama,” ucap Yuvlinda.

Senada, Founder Foodbank of Indonesia (FOI) Hendro Utomo mengatakan pihaknya juga mempunyai program yang mendorong pergerakan para ibu untuk masak di dapur dan sasaran penerima utamanya adalah para lansia.

“Kami telah menginisiasi dapur pangan dengan mendorong pergerakan kaum ibu sebagai relawan di dapur pangan untuk mengolah bahan pangan yang disalurkan kepada para lansia. Tidak hanya sepanjang Ramadhan tapi aktivitas ini bakal terus berlangsung,” kata Hendro.

Baca juga: Bapanas pastikan stabilitas pasokan dan nilai pangan jelang Idul Fitri
Baca juga: Bapanas gandeng lintas sektor gelar pangan murah di 514 kabupaten/kota
Baca juga: Bapanas minta pedagang tak mengoplos beras SPHP dan jual di atas HET

 


Editor: Mahfud
Copyright © BERITAJA 2024





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
    close