Trending

TBS Energi Utama terbitkan obligasi senilai Rp500 miliar - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Jakarta (BERITAJA.COM) - PT TBS Energi Utama Tbk (kode saham: TOBA) telah mencatatkan Obligasi I TBS Energi Utama Tahun 2023 senilai Rp500 miliar di Bursa Efek Indonesia (BEI), sebagaimana keterangan di Jakarta, Senin.

Direktur TOBA Juli Oktarina menyampaikan obligasi ini terdiri dari dua seri ialah Obligasi Seri A dengan nilai nominal sebesar Rp425 miliar dengan tingkat kembang 8,80 persen dan jangka waktu tiga tahun sejak tanggal emisi.

Sedangkan, Obligasi Seri B dengan nilai nominal sebesar Rp75 miliar dengan tingkat kembang 10,00 persen dan jangka waktu lima tahun sejak tanggal emisi.

Dia menjelaskan transaksi publikasi obligasi ini menarik minat besar dari investor, nan mana publikasi ini merupakan salah satu dari beberapa opsi pembiayaan perseroan untuk semakin memantapkan posisi finansial ke depan.

“Penerbitan obligasi merupakan langkah awal dalam mengakses pembiayaan melalui instrumen pasar modal. Dalam tiga hingga ima tahun mendatang, diharapkan perihal ini bakal memberikan lebih banyak elastisitas arus kas dan mendukung transformasi TBS menjadi upaya nan berkelanjutan,” ujar Juli.

Lanjut dia, publikasi obligasi ini mendapatkan tanggapan positif dari pasar, baik pasar lembaga maupun perorangan.

“Sekitar nyaris dua persen obligasi dibeli oleh penanammodal individu. Tentunya perihal ini merupakan perihal nan positif lantaran berinvestasi di obligasi korporasi dilakukan dengan visi investasi jangka panjang,” ujar Juli.

Obligasi ini mendapat ranking idA/Stable (Single A) dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) dengan PT Bank Mega Tbk bertindak sebagai Wali Amanat dalam emisi ini, dan PT Mandiri Sekuritas dan PT Sucor Sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi Obligasi.

Adapun, kembang obligasi bakal dibayarkan setiap tiga bulan sekali, terhitung sejak tanggal emisi, sesuai dengan tanggal pembayaran kembang obligasi.

Pembayaran kembang obligasi pertama bakal dilakukan pada 3 Juni 2023, sedangkan pembayaran kembang obligasi terakhir sekaligus jatuh tempo masing-masing seri obligasi adalah pada 3 Maret 2026 untuk obligasi seri A dan pada 3 Maret 2028 untuk Obligasi Seri B.

Sementara, SVP of Corporate Strategy & Investor Relations TOBA Nafi Achmad Sentausa menyampaikan publikasi obligasi ini bisa membantu perusahaan untuk mendanai proyek-proyek perseroan ke depan sejalan dengan transformasi menuju upaya hijau.

“Pendapatan dan arus kas nan kami peroleh bakal digunakan untuk pengembangan upaya hijau di Indonesia nan meliputi transformasi pasar kendaraan roda dua dengan nilai pasar hingga 9 miliar dolar AS, dan juga memposisikan perseroan dalam pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT) di Indonesia nan potensinya hingga 2030 mencapai 20GW,” ungkap Nafi.

Berita lain dengan Judul: TBS Energi Utama tawarkan obligasi senilai Rp500 miliar
Berita lain dengan Judul: Mitra Pack resmi melantai di BEI, raih biaya Rp96 miliar
Berita lain dengan Judul: BDKR resmi melantai di bursa, saham dibuka naik 29 persen

 



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close