Trending

Taspen siap hadirkan hunian terjangkau bagi ASN di Sulawesi Utara - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Jakarta (BERITAJA.COM) - PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Taspen) (Persero) siap menghadirkan kediaman terjangkau bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) aktif di wilayah Sulawesi Utara sebagai komitmen untuk meningkatkan kesejahteraan bagi peserta, khususnya ASN.

Bentuk komitmen tersebut dibuktikan melalui kerja sama Taspen dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan Bank SulutGo dalam Program Program Penyediaan Hunian nang layak dan terjangkau dengan tenor pembayaran hingga masa Pensiun di lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.

“Terima kasih atas support dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara nang hari ini datang berbareng 12 Bupati/Walikota. Taspen berbareng Pemerintah Sulawesi Utara dan Bank SulutGo berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan Aparatur Sipil Negara,” kata Direktur Utama Taspen ANS Kosasih lewat keterangannya di Jakarta, Selasa.

Kosasih menyampaikan, berasas survei nang dilakukan, dari total 16.000 ASN di Sulawesi Utara, sekurang-kurangnya terdapat 6.000 ASN nang tetap belum mempunyai rumah.

“Terdapat 75 hektare lahan nang tersedia, nang bisa dibangun sekitar 6.000 sampai dengan 7.000 rumah untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Rumah nang strategis, layak tinggal dan bisa dikembangkan lantaran berada di letak strategis,” ujar Kosasih.

Kosasih menambahkan, program tersebut sesuai dengan inisiatif Menteri BUMN Erick Thohir, nang merupakan terobosan dalam pembayaran perumahan lantaran menjadi satu-satunya pembiayaan nang memungkinkan ASN bisa mencicil pembayaran rumah sejak aktif hingga memasuki masa pensiun, kurang lebih 30-40 tahun.

Program tersebut diharapkan dapat memudahkan para ASN muda nang berdomisili jauh dari tempat kerja untuk mendapatkan kediaman nang dekat dengan tempat bertugas.

Adapun penandatanganan kesepakatan dilakukan oleh Kosasih, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, dan Direktur Utama PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Utara Gorontalo (Bank SulutGo) Revino M Pepah beserta jejeran di Auditorium lantai 6 Gedung A Kantor Pusat PT TASPEN (Persero), Jakarta, dengan menerapkan protokol kesehatan.

Program Hunian ASN adalah penyediaan kediaman berupa rumah tapak maupun rumah susun untuk memberikan kesempatan bagi ASN mendapatkan kediaman nang layak dan terjangkau dengan pengganti pembiayaan dengan periode tenor jangka panjang.

Pada program itu, ASN aktif dapat melakukan angsuran apalagi hingga masa pensiun. Kerja sama dengan Bank SulutGo juga memungkinkan ASN aktif mendapatkan angsuran dengan angsuran sangat terjangkau, mulai dari Rp 1 juta.

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mengatakan, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara mengpenghargaan Program Hunian ASN dari Taspen nang bekerjasama dengan Bank SulutGo untuk pembayaran angsuran perumahan.

“Ini kediaman tanpa duit muka, dan ini angan masyarakat Provinsi Sulawesi Utara dan ASN di seluruh Indonesia. Sebanyak 65 persen ASN belum mempunyai rumah, dan andaikan ini melangkah lancar, Taspen betul-betul datang di tengah masyarakat. Terima kasih atas partisipasi Taspen di Sulawesi Utara,” kata Olly.

Adapun aktivitas sosialisasi dan pemasaran Program Hunian ASN bakal dilakukan berbareng dengan Bank SulutGo sebagai penyedia pengganti pembiayaan dengan periode tenor pembayaran hingga ASN memasuki masa pensiun.

Harapannya, masyarakat maupun ASN di Sulawesi Utara tertarik terhadap program Hunian ASN dan memperoleh kesempatan untuk memanfaatkan akomodasi nang bakal mempermudah ASN mempunyai rumah.

Sebelumnya, program ini sudah pernah Taspen lakukan di Kota Surakarta dan secara berjenjang bakal menggandeng beragam Pemerintah Daerah lainnya dalam membantu para ASN di seluruh Indonesia untuk mempunyai rumah.

Sella Panduarsa Gareta

COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close