Trending

Survei LSP paparkan tiga faktor dorong elektabilitas Prabowo tertinggi - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Jakarta (BERITAJA.COM) - Hasil survei Lingkaran Suara Publik (LSP) memaparkan tiga aspek nang mendorong elektabilitas Menteri Pertahanan sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menduduki posisi tertinggi sebagai bakal calon presiden untuk Pemilu 2024.

"Faktor pertama, keahlian Prabowo nang tetap moncer di bagian pertahanan. Tak dipungkiri, Jokowi pun sering tampil memberi penghargaan kepada Prabowo dengan datang pada beberapa aktivitas Kementerian Pertahanan," kata Direktur pelaksana LSP Indra Nuryadin saat memberikan keterangan pers secara daring di Jakarta, Minggu.

Selain kinerja, kata dia, aspek lain adalah sikap Presiden Joko Widodo nang sering membujuk Prabowo dalam kunjungan kerjanya dan penggalangan bunyi nang dilakukan oleh komponen sukarelawan Jokowi, ialah musyawpetunjuk rakyat (Musra).

Faktor-faktor tersebut ditemukan LSP berasas hasil pengamatan terhadap hasil survei LSP nang dilakukan pada tanggal 1—10 Maret 2023.

Lebih lanjut, Indra menyampaikan mengenai dengan Presiden Joko Widodo nang sering membujuk Prabowo dalam kunjungan kerjanya, perihal tersebut menimbulkan pandangan bahwa Joko Widodo mendukung Prabowo sebagai capres.

"Endorsement (promosi) Jokowi terhadap Prabowo makin intens. Terakhir Jokowi didampingi Prabowo melakukan kunjungan kerja ke Kebumen, Jawa Tengah, didampingi Ganjar menimbulkan banyak spekulasi pilpres. Hal ini ditafsirkan bakal menjadi pasangan capres/cawapres pilihan Jokowi," jelasnya.

Selanjutnya, mengenai aspek ketiga ialah penggalangan bunyi nang dilakukan oleh musra, Prabowo disebut telah masuk ke dalam radar musra sehingga menjadi salah satu opsi capres nang didukung oleh pendukung Presiden Joko Widodo itu.

Indra menambahkan ada pula aspek mengenai adanya pergeseran support dari pendukung Jokowi nang sebelumnya untuk Ganjar Pranowo ke Prabowo Subianto.

Dalam kesempatan nang sama, Indra menyampaikan berasas hasil survei LSP, elektabilitas Prabowo berada pada nomor 33,4 persen.

Di bawah Prabowo Subianto, ada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (21,2 persen) dan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (20,4 persen).

Survei LSP tersebut diikuti oleh 1.230 responden dan periode pemisah kesalahan sekitar 2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Responden tersebar secara proporsional di 38 provinsi dengan kriteria responden adalah masyarakat berumur 17 tahun ke atas alias telah mempunyai KTP. Teknik sampel survei ini menggunakan multistage random sampling. Selanjutnya, pengumpulan info melalui wawancara tatap muka.

Berdasarkan agenda nang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden dijadwalkan dimulai pada tanggal 19 Oktober sampai dengan 25 November 2023.

Sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu), pasangan calon presiden dan wakil presiden diusulkan oleh partai politik alias campuran partai politik peserta pemilu nang memenuhi persyaratan perolehan bangku paling sedikit 20 persen dari jumlah bangku DPR alias memperoleh 25 persen dari bunyi sah secara nasional pada pemilu personil DPR sebelumnya.

Saat ini, terdapat 575 bangku di parlemen sehingga pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2024 kudu mempunyai support minimal 115 bangku di DPR RI. Bisa juga, pasangan calon diusung oleh parpol alias campuran parpol peserta Pemilu 2019 dengan total perolehan bunyi sah minimal 34.992.703 suara.



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close