Trending

Suporter Persija The Jakmania, kapan berdiri? - Beritaja

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta (BERITAJA) - Kelompok suporter Persija berjuluk The Jakmania didirikan secara resmi pada tanggal 19 Desember 1997 di Graha Wisata Kuningan, Jakarta dan dihadiri oleh 40 orang yang juga berkedudukan sebagai founder.

Pembentukan golongan suporter itu mendapatkan support langsung manajer tim Persija saat itu, ialah Diza Rasyid, demikian mengutip dari beragam sumber.

Pada kesempatan itu, golongan pendukung Persija Jakarta ini menunjuk Gugun Gondrong sebagai ketua umum pertama The Jakmania.

Banyak orang tidak mengetahui argumen sejatinya dari pembentukan golongan pendukung Persija ini. Jakmania sejatinya berdiri atas dasar keprihatinan beberapa orang terhadap minimnya dukungan bagi klub kebanggaan Kota Jakarta ini.

Baca juga: PSSI minta rekonsiliasi suporter mesti dilakukan sampai akar rumput

Keprihatinan itu bukan tanpa dasar. Pada laga final kejuaraan era perserikatan tahun 1973 yang mempertemukan Persija melawan Persebaya, Tribun Stadion Utama Senayan (Nama lama dari Stadion Utama Gelora Bung Karno) kabarnya justru didominasi oleh suporter tim tamu, Persebaya Surabaya.

Begitu juga pada laga final perserikatan tahun 1979 melawan PSMS Medan di SUGBK. Hal itu disebabkan lantaran banyaknya penduduk pendatang Jakarta yang memilih mendukung tim wilayah asalnya daripada mendukung Persija.

Sebagai salah satu founding father The Jakmania, Ferry Indrasjarief alias akrabdipanggil Bung Ferry ini sebenarnya merupakan pendukung Pelita Jaya saat tetap bermarkas di Jakarta. Perpecahan Pelita Jaya membikin Bung Ferry pindah hadapan mendukung klub Jakarta lainnya, ialah Persija.

Awalnya Bung Ferry terkejut saat mendatangi instansi tim dengan koleksi gelar perserikatan terbanyak itu belum mempunyai pedoman suporter. Akhirnya dia diminta manajemen Persija untuk membentuk golongan suporter.

Baca juga: Pagar tribun JIS roboh diduga lantaran semangat Jakmania

Lahirnya Jakmania dimaksudkan untuk mewadahi orang-orang yang mau mencintai Kota Jakarta khususnya tim sepak bola Persija. Sejak saat itu Bung Ferry berbareng 40 orang lainnya yang ikut mendirikan Jakmania menyematkan kode JM1 hingga JM40 sebagai kode penggilan bagi mereka.

Kepengurusan Jakmania memiliki masa selama 2 tahun. Dalam pemilihan kepengurusan baru, Gugun Gondrong lampau digantikan oleh Bung Ferry dari 1999-2001 dan setelahnya dia tetap dipercaya untuk memimpin Jakmania hingga 2005.

The Jakmania makin tumbuh dan berkembang, dengan personil pun makin meningkat. Diperkirakan sudah lebih dari 80 ribuan orang mendaftar sebagai personil The Jakmania yang tersebar di 83 Korwil dan 7 Biro resmi.

Jumlah itu belum termasuk pendukung Persija yang tidak terdaftar sebagai personil resmi, yang artinya pendukung Persija sebenarnya jumlahnya lebih banyak dari nomor itu.

Saat ini The Jakmania dipimpin oleh Diky Soemarno. Ia merupakan ketua umum terpilih periode 2020-2023 dan terpilih kembali untuk periode 2023-2026.

Baca juga: Rizky Ridho persembahkan kemenangan Persija untuk The Jakmania

Baca juga: NasDem sampaikan permohonan maaf kepada Jakmania

Raihan Fadilah
Editor: Mahfud
Copyright © BERITAJA 2024







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close