Trending

Sungai Kahayan meluap, puluhan rumah di Palangka Raya terendam banjir - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Yang tercatat oleh tim kami saat melaksanakan pemantauan ada 58 rumah, 58 Kepala Keluarga (KK) dan 199 jiwa yang terakibat akibat banjir nang merendam pemukiman penduduk di area Jalan Danau Rangas, Kota Palangka Raya

Palangka Raya (BERITAJA.COM) -

Air Sungai Kahayan di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng) meluap hingga mengakibatkan puluhan rumah penduduk nang berada di sekitar bantaran sungai tersebut terendam banjir.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya Heri , di Palangka Raya, Selasa, mengatakan 58 rumah penduduk terendam luapan air Sungai Kahayan. 

"Yang tercatat oleh tim kami saat melaksanakan pemantauan ada 58 rumah, 58 Kepala Keluarga (KK) dan 199 jiwa yang terakibat akibat banjir nang merendam pemukiman penduduk di area Jalan Danau Rangas, Kota Palangka Raya," katanya.

Di  Jalan Pelatuk Kelurahan Palangka, Kecamatan Jekan Raya, lanjutnya, belasan rumah juga terendam air. Sedangkan di Jalan Anoi dan Jalan Mendawai ketinggian air mencapai 5-70 sentimeter dan panjang jalan nang terendam sekitar 500 meter. Sebagian rumah penduduk di area itu juga mulai terendam.

Di Jalan Petuk Katimpun, Kelurahan Petuk Katimpun, ketinggian air mencapai 5- 70 sentimeter dan jalan terendam air sepanjang 1.300 meter. Sedangkan rumah penduduk nang terendam akibat banjir ada tujuh unit dengan ketinggian 20-25 sentimeter.

Berita lain dengan Judul: 35 jiwa kehilangan tempat tinggal akibat pengikisan Sungai Kahayan

Bahkan akses transportasi masyarakat saat ini kudu menggunakan perahu alias klotok, sedangkan kendaraan roda empat dan dua tidak bisa melintas.

"Air sudah menggenangi pekarangan rumah penduduk serta akomodasi umum dan akses jalan penghubung, puluhan rumah juga sudah terendam air. Hal ini diduga kuat diakibatkan curah hujan nang cukup tinggi dan air kiriman dari hulu, hingga debit air meninggi seperti sekarang ini," katanya.

Bencana banjir seperti ini setiap tahunnya selalu dialami penduduk nang berada di area dataran rendah dan pemukiman di bantaran Sungai Kahayan. Salah satunya seperti area Komplek Perumahan Sosial, Mendawai, Sakan, Jalan Anoi dan Pelatuk nang berada di Kelurahan Palangka.

Sedangkan untuk di Kelurahan Bukit Tunggal di Jalan Danau Rangas dan pemukiman penduduk nang berada di Jalan Petuk Katimpun, Kelurahan Petuk Katimpun, juga terendam banjir, apalagi jalan daratnya putus tidak bisa dilalui menggunakan kendaraan roda dua dan empat.

"Dari musibah tersebut, tidak ada korban jiwa dan tidak ada kerusakan ditemukan. Semoga kondisi saat ini segera berlalu. Bencana ini selalu kami pantau setiap hari," demikian Heri .

Berita lain dengan Judul: Bantaran Sungai Kahayan di Palang Karaya tetap mengalami keretakan

Adi Wibowo

COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close