Trending

Studi baru ungkap hubungan keterbatasan air pada fotosintesis hutan - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Beijing (BERITAJA.COM) - Sebuah studi baru mengungkapkan bahwa hubungan antara sinar mentari dan curah hujan mengendalikan terjadinya keterbatasan air tanah dan atmosfer secara berbarengan di hutan, demikian menurut Guangdong Academy of Sciences (GDAS).

"Studi ini memberikan perspektif baru dalam memahami keterbatasan air pada fotosintesis hutan," kata guru besar di Institut Geografi Guangzhou di bawah naungan GDAS sekaligus pemimpin penelitian tersebut Su Yongxian.

Defisit air tanah dan kekeringan atmosfer nan tinggi menjadi batas lingkungan utama pada penyerapan karbon di ekosistem daratan.

Studi tersebut dilakukan oleh para peneliti dari dalam dan luar negeri. Studi ini menganalisis akibat penggabungan radiasi dan curah hujan musiman terhadap keterbatasan kelembaban tanah dibandingkan dengan keterbatasan kekeringan atmosfer pada fotosintesis tumbuhan di sepanjang wilayah nan berada 15 derajat lintang utara di Belahan Bumi Utara, menggunakan info dari 83 letak rimba dan info berbasis satelit.

Hasilnya menunjukkan bahwa kesiapan air tanah mengurangi fotosintesis rimba secara signifikan.

Studi ini memberikan pemahaman nan lebih baik tentang penyerapan karbon terestrial, pertukaran energi, dan pergerakan air. Hasil studi tersebut telah dipublikasikan dalam jurnal International Journal of Applied Earth Observations and Geoinformation.
 

:

COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close