Trends

Sri Mulyani tanggapi isu transaksi mencurigakan di Kemenkeu - BeritAja

Sedang Trending 11 bulan yang lalu
beritaja.com

Solo (BERITAJA.COM) -

Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati menanggapi rumor transaksi mencurigakan sebesar Rp300 triliun di Kementerian Keuangan.

"Tadi saya sudah komunikasi dengan pak Mahfud (Menko Polhukam) dan pak Ivan dari PPATK (Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan)," katanya saat berjamu di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Surakarta, Kamis.

Ia mengatakan baru hari ini menerima surat dari PPATK mengenai transaksi.

"Surat baru saya terima tadi pagi. Saya belum lihat suratnya. Saya sudah scan," katanya.

Terkait dengan surat dari PPATK sebetulnya ada setiap tahunnya. Melalui surat tersebut PPATK mengirimkan info kepada Kementerian Keuangan mengenai transaksi.

Ia menyebut dari tahun 2009-2023 ada sebanyak 196 surat nan disampaikan. Dari total tersebut sebagian sudah ditindaklanjuti oleh Inspektorat Jenderal.

"Ada nan dilakukan inseminasi. Kalau kasus terbukti ada balasan disiplin, dicopot alias dikeluarkan. Itu semua ada statusnya. Menurut pak Ivan tetap ada 70 nan perlu keterangan tambahan, kami bakal sampaikan," katanya.

Mengenai nomor transaksi tersebut, dia mengaku belum melihatnya lantaran di dalam surat juga tidak tertera nomor transaksi.

"Kalau kembali ke Jakarta saya bakal bicara dengan pak Mahmud dan pak Ivan agar saya dapat info nan sama dengan masyarakat. Menghitungnya bagaimana, info seperti apa. Karena dalam surat nan disampaikan ke saya nan ada lampiran 36 laman tidak ada satupun angka," katanya.

Ia juga berambisi pada pertemuan tersebut agar diperjelas transaksi tersebut mengenai masalah apa dan melibatkan siapa.

"Seperti kemarin Rafael Alun mengenai LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara), ketidakpatuhan. Kami lakukan balasan disiplin. Data kami share dengan KPK, dari sisi penegakan norma tetap dilakukan. Ada pembagian tugas dari sisi kami ASN, dari sisi penegakan hukum," katanya.

Aris Wasita
Guido Merung
COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di



    close