Trends

Spanyol usir dua staf kedubes AS karena dituding menyuap intelijen - Beritaja

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
beritaja.com

Madrid (BERITAJA.COM) - Spanyol secara diam-diam telah mengusir sedikitnya dua staf kedutaan besar AS yang dituduh menyuap petugas intelijen Spanyol untuk urusan rahasia, demikian menurut laporan surat berita El Pais pada Kamis, dengan mengutip sumber-sumber pemerintah.

Belum ada konfirmasi langsung dari kedua negara, yang merupakan sekutu dan umumnya berbagi info intelijen di antara mereka.

Personel kedubes tersebut, yang tidak disebutkan namanya alias jabatannya oleh El Pais, ditarik secara diam-diam atas permintaan Madrid setelah penyelidikan menunjukkan bahwa dua petugas intelijen Spanyol memberikan info kepada personel kedubes tersebut dengan hadiah sejumlah besar suap.

Surat berita itu juga mengungkap bahwa ada kemungkinan lebih dari dua "mata-mata" AS yang terlibat, mengutip sumber pemerintah yang tidak disebutkan namanya.

Sebelumnya, sejumlah petugas badan intelijen Spanyol (CNI), ialah seorang kepala biro wilayah dan asistennya, ditangkap dua bulan lampau dan pengadilan memerintahkan kasus mereka dirahasiakan, kata El Pais.

Duta Besar AS Julissa Reynoso telah dipanggil oleh pihak berkuasa Spanyol. Reynoso mengatakan tidak mengetahui apa pun tentang kasus tersebut dan meminta maaf bakal perihal itu, tambah laporan media tersebut.

Washington kemudian memenuhi permintaan Kementerian Pertahanan dan Kementerian Luar Negeri Spanyol agar kedua staf AS tersebut pergi.

Seorang pejabat AS di Spanyol mengatakan Reynoso tidak bakal berkomentar kepada wartawan mengenai perihal tersebut.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Spanyol dan pengadilan tinggi menolak untuk berkomentar, sementara CNI dan Kementerian Pertahanan belum menanggapi permintaan komentar.

"Ini masalah yang sangat serius, lantaran merekrut pemasok rahasia dari negara tuan rumah untuk mengingkari negara mereka sendiri adalah tindakan berbeda yang dilakukan terhadap pemerintah musuh, namun tidak pernah dilakukan dengan kawan alias sekutu," tulis El Pais.

Sumber: Reuters
Baca juga: Warga AS yang lenyap di Iran adalah pemasok CIA
Baca juga: Al Qaida Yaman eksekusi intel AS
Baca juga: Mantan duta besar AS untuk Bolivia didakwa jadi mata-mata Kuba

 

:
Editor: Mahfud
COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di



    close