Soekarno-Hatta jadi bandara ke 6 terkoneksi di dunia - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu
beritaja.com

Peringkat Bandara Soekarno-Hatta pada Top 25 LCC Megahub 2022 di posisi 6 ini lebih baik dari sebelumnya pada 2019 berada di posisi 8

Tangerang (BERITAJA.COM) - Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten menjadi airport nan berada di ranking ke enam dalam daftar airport paling terkoneksi di bumi dan ke tiga untuk area Asia menurut laporan Megahubs International Index 2022 jenis lembaga OAG asal Inggris.

Dalam laporan Megahub International Index 2022 ini menggunakan indeks konektivitas nan mengukur efektivitas bandara-bandara internasional di bumi sebagai penghubung poin (secara dunia dan regional), serta sebagai pintu gerbang ke dalam pasar domestik.

Kemudian, untuk ranking 1 dan 2 di dalam Top 25 LCC Airport Megahub 2022 tersebut ditempati airport di India, lampau ranking 3 hingga 5 ditempati airport di Amerika Serikat.

Berita lain dengan Judul: BC Soetta musnahkan 2.464 HP Ilegal senilai Rp3,5 milliar

"Peringkat Bandara Soekarno-Hatta pada Top 25 LCC Megahub 2022 di posisi 6 ini lebih baik dari sebelumnya pada 2019 berada di posisi 8. Dan peringkat nan tertinggi untuk di area ASEAN dengan ranking 3," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin dalam keterangan tertulis diterima di Tangerang, Rabu.

Ia menyebutkan, atas capaian tersebut merupakan hasil dari kerjasama seluruh pemangku kepentingan membikin Bandara Soekarno-Hatta bisa mengakselerasi pemulihan lampau lintas penerbangan di tengah pandemi COVID-19.

"Permintaan penerbangan di tengah periode pemulihan ini dapat dipenuhi dengan baik oleh AP II dan seluruh pemangku kepentingan di Bandara Soekarno-Hatta, sehingga konektivitas penerbangan di Indonesia tetap kuat. Ini tentunya berita nan baik di mana AP II berbareng pemangku kepentingan bisa mengakomodir permintaan terhadap maskapai penerbangan bertarif rendah atau LCC," katanya.

Ia mengatakan, adapun maskapai LCC nan beraksi di Bandara Soekarno-Hatta antara lain Citilink, Lion Air, AirAsia Indonesia dan Super Air Jet.

Seluruh maskapai LCC tersebut melayani rute domestik Jakarta - Bali. Rute Jakarta - Bali sendiri pada 2022 masuk dalam daftar rute domestik tersibuk di bumi tepatnya berada di ranking 9 dalam daftar nan dirilis OAG, dengan kapabilitas bangku penerbangan mencapai 6,74 juta kursi.

"Maskapai LCC di Bandara Soekarno-Hatta turut mendukung pemulihan sektor pariwisata. Seluruh maskapai LCC nasional melayani rute Jakarta - Bali, dan rute tersebut juga menjadi salah satu nan tersibuk di bumi pada 2022," ujarnya.

Sementara, Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Dwi Ananda Wicaksana menuturkan pertumbuhan maskapai LCC dalam melayani rute domestik juga terus meningkat pada awal tahun ini.

Ia menambahkan, lembaga OAG juga menetapkan Bandara Soekarno-Hatta berada dalam ranking 21 dalam daftar Top 50 International Airport Megahub.

"Sejalan dengan peningkatan lampau lintas penerbangan itu, kami melakukan penyeimbangan kapabilitas terminal. Mulai 7 Maret 2023, maskapai LCC ialah AirAsia Indonesia bakal melayani penumpang rute internasional di Terminal 2. Untuk rute domestik, AirAsia Indonesia tetap beraksi di Terminal 1," kata dia.

Berita lain dengan Judul: AP II sebut Bandara Soekarno-Hatta kekuasaan pasar penerbangan di Asean

Azmi Syamsul Ma'arif

COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
    close