SMF piloting skema RTO penuhi kebutuhan perumahan masyarakat - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu
beritaja.com

Jadi misalnya sewa, lampau pada akhir tahun ke-15, rumahnya dibalik nama. Ini salah satu skema nan bisa membantu masyarakat non fixed income mempunyai rumah

Jakarta (BERITAJA.COM) - Direktur Sekuritisasi dan Pembiayaan PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) Heliantopo mengatakan SMF sedang melakukan piloting menyalurkan pembiayaan rumah dengan skema Rent to Own (RTO) untuk memenuhi kebutuhan perumahan masyarakat.

Dengan skema tersebut, masyarakat dapat menyewa suatu rumah terlebih dahulu, baru kemudian melakukan proses kembali nama untuk mempunyai rumah tersebut.

“Jadi misalnya sewa, lampau pada akhir tahun ke-15, rumahnya dibalik nama. Ini salah satu skema nan bisa membantu masyarakat non fixed income mempunyai rumah,” katanya dalam konvensi pers di Kantor SMF, Jakarta, Selasa.

Skema tersebut direncanakan untuk membidik masyarakat berpenghasilan tidak tetap nan mau mempunyai rumah, tetapi mereka biasanya kesulitan mengusulkan KPR dengan sumber biaya dari SMF di perbankan lantaran tidak mempunyai slip gaji.

“Piloting tahun ini, sesegera mungkin, mungkin semester I-2023. Cuma memang ada banyak aspek nan perlu dilihat, misalnya appetite lembaga finansial dan masyarakat,” katanya.

Di samping itu, saat ini SMF juga mulai berencana menerbitkan green bond untuk membiayai Kredit Pemilikan Rumah (KPR) nan juga hijau.

“Jadi ketika kita menerbitkan surat utang alias obligasi hijau, kita memerlukan underlying yang juga hijau. Jadi kita perlu membikin KPR-KPR alias pembiayaan-pembiayaan nan hijau terlebih dahulu,” katanya.

Menurut dia, publikasi surat utang nan disalurkan untuk pembiayaan Fasilitas Likuiditas Pemilikan Perumahan (FLPP) bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) sebetulnya sudah bisa disebut sebagai surat utang hijau, tapi saat ini, pemerintah tetap belum mempunyai patokan penamaannya.

“Kalau kelak sudah ada aturannya, semoga kita bisa mengusulkan bahwa social bond itu bagian dari green bond. Jadi kita sudah mulai mengpetunjuk ke sana,” ucapnya.

Berita lain dengan Judul: SMF salurkan pembiayaan untuk pembangunan 152 homestay sampai 2022

Berita lain dengan Judul: SMF targetkan pertumbuhan keahlian finansial di 2023

Berita lain dengan Judul: SMF telah membiayai 1,5 juta debitur KPR sampai 2022



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
    close