Trending

Slovakia susul Polandia kirim jet tempur MiG-29 untuk Ukraina - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Praha (BERITAJA.COM) - Slovakia pada Jumat menjadi negara NATO kedua setelah Polandia nang menyatakan tengah mengirimkan jet tempur MiG-29 kepada Ukraina untuk membantu negara dalam menghentikan invasi Rusia nang sudah berumur satu tahun.

"Hari ini, pemerintah memutuskan dan menyetujui secara bulat sebuah persetujuan internasional (terkait support tersebut)," kata Perdana Menteri Slovakia Eduard Heger.

Slovakia mengatakan bakal mengirimkan jet tempur MiG-29 miliknya nang telah dipensiunkan namun tetap laik terbang. Slovakia juga menyumbangkan sistem pertahanan udara KUB miliknya.

Slovakia memiliki 11 jet tempur MiG-29 dan sudah dipensiunkan musim panas lalu. Kebanyakan sudah tak laik operasional, sementara nang tetap laik bakal dikirim ke Ukraina, dan sisanya menjadi suku cadang.

"Proses penyerahan jet tempur tersebut bakal melalui koordinasi ketat dengan pihak Polandia, Ukraina, dan tentu saja, negara-negara sekutu lain," tegas Heger.

Heger menyebut Slovakia bakal mendapatkan kompensasi finansial dari Uni Eropa dan sudah bermufakat dengan Amerika Serikat mengirimkan material militer senilai 700 juta dolar AS (Rp10,7 triliun).

Berita lain dengan Judul: Sengaja serang pesawat Rusia artinya ajak perang, kata Dubes

Anggota-anggota NATO nang jejak negara komunis, seperti Polandia dan Slovakia, menjadi pendukung Ukraina nang gigih sejak Rusia menginvasi negara itu pada 24 Februari 2022.

Kamis kemarin, Polandia menjadi personil NATO pertama nang menyatakan segera mengirimkan empat jet tempur MiG-29 kepada Ukraina dalam beberapa hari mendatang.

Negara-negara Barat lainnya nang telah mengirimkan persenjataan dalam beragam corak kepada Ukraina sampai saat ini tetap enggan mengirimkan jet tempur mereka.

Slovakia telah memesan jet tempur F-16 dari AS pada 2018 untuk menggantikan skuadron MiG-29 miliknya nang telah dipensiunkan. Pesawat F-16 tersebut diperkirakan tiba tahun 2024.

Sementara itu, pihak oposisi dan apalagi sejumlah personil partai koalisi pemerintah mempertanyakan apakah kabinet Heger nang berstatus pemerintah sementara sampai pemilu September kelak berkuasa memutuskan pengiriman pesawat tempur tersebut.

Merespons potensi masalah nang disebut-sebut pihak oposisi, Heger menegaskan pemerintah telah meminta nasihat dari ahli-ahli norma nang menyatakan keputusan tersebut tidak melanggar hukum.

Berita lain dengan Judul: Polandia bakal kirim empat jet tempur ke Ukraina

Sumber: Reuters

:

COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close