Trending

Siapa sebenarnya pemilik Persija? - Beritaja

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta (BERITAJA) - Siapa pemilik Persija Jakarta sekarang? Mungkin itu pertanyaan yang kerap muncul dari fans sepak bola Indonesia, khususnya The Jakmania.

Pertanyaan soal sosok pemilik klub kerap muncul di akal pecinta sepak bola lantaran sang pemilik biasanya mempunyai kendali penuh untuk memajukan klub, misalnya melakukan investasi, membangun akomodasi latihan, transfer pemain, menentukan pelatih, hingga rencana upaya klub di masa mendatang.

Persija Jakarta yang lahir pada 28 November 1928 dan didirikan oleh Soeri dan Alie dengan nama awal Voetballbond Indonesia Jacatra (VIJ) merupakan salah satu klub sepak bola tertua dan paling bergengsi di Indonesia.

Ternyata Persija Jakarta saat ini dimiliki oleh PT Persija Jaya Jakarta milik Nirwan Bakrie yang merupakan putra ketiga dari family pengusaha ternama Indonesia, Achmad Bakrie.

Tak heran jika Persija Jakarta di bawah Nirwan Bakriemampu mendatangkan pemain-pemain berbobot untuk mengarungi kejuaraan Liga 1 Indonesia.

Dengan nilai pasar tim yang mencapai Rp108,8 miliar, Macan Kemayoran ibarat Manchester City alias Real Madrid versi Indonesia yang kerap diisi oleh para pemain sepak bola papan atas nasional serta sejumlah pemain asing.

Nirwan Bakrie telah aktif dalam beragam aktivitas upaya dan olahraga di Indonesia. Ia juga pernah menjabat sebagai wakil ketua umum dan personil komite pelaksana PSSI periode 2011-2015.

Selain sepak bola, family Bakrie mempunyai beragam investasi dalam sektor energi, media, dan infrastruktur. Kepemilikan Nirwan Bakrie atas Persija Jakarta dibenarkan oleh Rahim Soekasah yang juga pemilik klub Australia, Brisbane Roar.

Rahim merupakan mitra Nirwan saat membentuk klub legendaris Indonesia, Pelita Jaya. Setelah dijual dan sekarang berganti identitas menjadi Madura United, Nirwan sempat singgah ke Arema Cronus sebagai pemilik klub tersebut.

Hadirnya family Bakrie telah membawa angin segar bagi klub ini, terutama dalam perihal pengelolaan dan support finansial. Di bawah kepemilikan PT Persija Jaya Jakarta, Macan Kemayoran telah mengalami perubahan signifikan, baik dalam manajemen maupun fasilitas.

Salah satu perubahan besar yang dilakukan adalah pembangunan akomodasi latihan yang lebih modern dan komplit di wilayah Sawangan, Depok, Jawa Barat untuk mendukung performa tim.

Selain itu, perbaikan sistem manajemen klub juga dilakukan untuk memastikan bahwa Persija dapat bersaing di level tertinggi sepak bola nasional dan regional.

Nirwan Bakrie dan tim manajemen lainnya juga konsentrasi pada pengembangan pemain muda melalui pembinaan dalam akademi sepak bola.

Terbukti dari dibentuknya Persija Academy dengan tujuan utama mereka adalah menciptakan generasi baru pemain sepak bola berbakat yangmampu membawa prestasi lebih tinggi bagi klub dan Indonesia di masa depan. Dukungan penuh dari pemilik juga terlihat dalam beragam program pengembangan organisasi dan aktivitas sosial yang dilakukan oleh Persija Jakarta.

Baru-baru ini juga Persija secara resmi menunjuk Mohamad Prapanca sebagai Direktur Persija. Sebelumnya, dia hanya menjabat sebagai presiden klub yang membawahi manajemen tim saja.

Bersamaan dengan perihal tersebut, Prapanca juga menunjuk Bambang Pamungkas sebagai Manajer Persija.

Ia berambisimampu membangun chemistry yang solid untuk mewujudkan tim yang lebih baik dan kompetitif. Posisi Manajer sudah tidak asing bagi Bambang Pamungkas. Striker legendaris Persija dan Timnas itu sempat mengemban tugas serupa di Liga 1 2020 dan Liga 1 2021/2022.

Dengan visi dan komitmen yang kuat dari pemilik dan jejeran manajemen, Jakmania berambisi besar untuk klub ini dapat meraih lebih banyak gelar dan prestasi di masa depan. Pemilik klub saat ini berkeinginan untuk membawa Persija kembali ke puncak kejayaan, baik di kancah nasional maupun internasional.

Baca juga: Squad Persija dalam persiapan musim baru Liga 1 2024/2025

Baca juga: Hanif Sjahbandi resmi memperkuat berbareng Persija Jakarta hingga 2025

Baca juga: Daftar gelar juara Persija Jakarta

Raihan Fadilah
Editor: Mahfud
Copyright © BERITAJA 2024







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close