Trending

Setjen Kemenkeu ajukan pagu indikatif Rp33,18 triliun untuk 2025 - Beritaja

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
Untukmampu menyukseskan dan menyelenggarakan semua rencana program, kami mengusulkan pagu sugestif sebesar Rp33,18 triliun

Jakarta (BERITAJA) - Sekretariat Jenderal (Setjen) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengajukan pagu sugestif untuk tahun anggaran 2025 dengan total sebesar Rp33,18 triliun kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Jumlah tersebut sudah termasuk untuk Badan Layanan Umum (BLU) Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) sebesar Rp3,9 triliun.

Jika tanpa BLU, maka jumlah pagu sugestif yang diajukan Setjen Kemenkeu sebesar RP29,2 triliun.

"Untukmampu menyukseskan dan menyelenggarakan semua rencana program, kami mengusulkan pagu sugestif sebesar Rp33,18 triliun, yang mana untuk belanja pegawai berasal dari rupiah murni Rp27,03 triliun," kata Sekretaris Jenderal Kemenkeu Heru Pambudi dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi XI DPR di Jakarta, Selasa.

Di samping shopping pegawai, pagu sugestif Setjen Kemenkeu tersebut juga terdiri atas shopping peralatan sebesar Rp5,64 triliun dan shopping modal sebesar Rp502,33 miliar.

Pada kesempatan yang sama, selain Setjen Kemenkeu, Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemenkeu mengajukan pagu sugestif sebesar Rp67,16 miliar.

Kemudian, Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) dan BLU PKN STAN mengusulkan pagu sugestif sebesar Rp553,69 miliar.

Selanjutnya, pagu sugestif yang diajukan Direktorat Jenderal Perbendaharaan (Ditjen DJPb) serta BLU Pusat Investasi Pemerintah (PIP), Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), dan Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH) sebesar Rp7,7 triliun.

Pagu sugestif untuk Ditjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kemenkeu dan BLU Lembaga Dana Kerjasama Pembangunan International (LDKPI) mengusulkan sebesar Rp121,93 miliar, serta Ditjen Kekayaan Negara (DJKN) Kemenkeu dan BLU Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) sebesar Rp838,15 miliar.

Adapun Ditjen Perimbangan Keuangan (DJPK) Kemenkeu serta Lembaga National Single Window (LSNW) mengusulkan pagu sugestif masing-masing sebesar Rp81,05 miliar dan Rp86,55 miliar.

Persetujuan atas seluruh pagu sugestif eselon I Kemenkeu beserta BLU yang berada di bawah naungan kementerian tersebut bakal dilakukan dalam rapat kerja Komisi XI DPR dengan Menteri Keuangan.

Baca juga: BKF ajukan pagu sugestif Rp78,38 miliar untuk tahun anggaran 2025
Baca juga: Menkeu: Realisasi pembiayaan anggaran turun tajam 68,3 persen
Baca juga: Kemenkeu naikkan anggaran pendidikan dan kesehatan di 2025


Editor: Mahfud
Copyright © BERITAJA 2024







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close