Trending

Sekolah lapang gempa bumi di Jember wujudkan kesiapsiagaan warga - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Jember, Jawa Timur (BERITAJA.COM) - Bupati Jember Hendy Siswanto mengatakan sekolah lapang gempa bumi di Kabupaten Jember, Jawa Timur mewujudkan kesiapsiagaan penduduk di pesisir selatan kabupaten setempat dalam menghadapi musibah gempa bumi nang disertai ancaman tsunami.  

Sekolah lapang gempa bumi nang digelar pada Kamis (16/3) hingga Jumat tersebut diikuti puluhan penduduk dari beragam pekerjaan dengan menghadirkan beberapa pemateri dari Sekretaris Utama BMKG Dwi Budi Sutrisno, Kepala Stasiun Geofisika Nganjuk Sumber Harto serta Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jember Sigit Akbari.

"Sekolah lapang gempa bumi itu merupakan pembekalan serta training unik penduduk menghadapi gempa bumi dan tsunami nang dapat menakut-nakuti wilayah pesisir di Kabupaten Jember," kata Hendy dalam keterangan tertulis nang diterima di Jember, Jumat.

Menurutnya musibah alam nang salah satunya berupa gempa bumi dan tsunami itu bisa terjadi kapanpun, sehingga masyarakat perlu dibekali diri dengan pengetahuan nang maksimal mengenai mitigasi kebencanaan nang menjadi ikhtiar wajib bagi seluruh warga.  

"Kegiatan sekolah lapang itu merupakan ikhtiar maksimal bagi masyarakat untuk menyelamatkan nyawa kerabat kita di sepanjang pesisir selatan," tuturnya.

Ia berambisi adanya keterlibatan semua pihak dalam penanggulangan musibah dan menjadi tidak hanya menjadi tanggung jawab beberapa pihak, sehingga dapat dengan sigap dan tepat mengatasi masalah jika terjadi mengenai dengan musibah alam nang terjadi sewaktu-waktu.

"Dalam pemaparan BKMG menyebut bahwa pesisir Kabupaten Jember masuk kategori rawan tsunami. Ketika terjadi gempa bumi, penduduk punya waktu 20 menit untuk menyelamatkan diri, sehingga golden times itu kudu betul-betul dimaksimalkan untuk meminimalkan korban," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Utama (Sestama) BMKG Dwi Budi Sutrisno dalam sambutannya mengatakan bahwa pantai selatan Pulau Jawa, termasuk pantai selatan Kabupaten Jember berpotensi terjadi gempa megathrust dengan kekuatan 8,7 magnitudo.

"Gempa megathrust terjadi lantaran pergerakan penunjaman lempeng Indo-Australia ke bawah Jawa Timur nang terkunci pada bagian kontak antar lempeng, kemudian terjadi patahan dengan gempa kuat nang dapat memicu tsunami," katanya.

Berita lain dengan Judul: BMKG tingkatkan pemahaman waktu tiba tsunami di Kabupaten Sikka

Berita lain dengan Judul: Bangun budaya tangguh, BMKG gelar sekolah lapang gempa di Mukomuko

Berita lain dengan Judul: BMKG gelar Sekolah Lapang Gempa tingkatkan edukasi mitigasi bencana

Zumrotun Solichah
Nurul Hayat
COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close