Trends

Sekda Sulsel: Inabuyer B2B2G Expo momentum UMKM promosi produk - Beritaja

Sedang Trending 2 hari yang lalu
beritaja.com
Discover Millions of Products
Penyelenggara menargetkan pameran Inabuyer jenis kedua ini dapat membukukan transaksi Rp2 triliun.

Makassar (BERITAJA) - Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Muhammad Arsjad mengatakan Inabuyer B2B2G Expo 2024, di Gedung Smesco Jakarta, menjadi momentum pelaku upaya mikro mini dan menengah (UMKM) Sulsel memperkenalkan alias promosi produk unggulan ke pasar.

Andi Arsjad dalam keterangannya di Makassar, Kamis, mengatakan melalui aktivitas itu, bakal memberikan support dan support kepada pelaku UMKM dalam perihal promosi, fasilitas, serta pendampingan untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan kualitas produk.

Kegiatan yang diikuti sekitar 200 UMKM ini, juga diharapkanmampu mendorong kemitraan strategis, mewujudkan rantai pasok yang kuat untuk meningkatkan shopping produk dalam negeri.

"Melalui aktivitas ini peran pemerintah dalam pameran yang juga melakukan kerjasama dan sinergi dengan menghadirkan puluhan buyer dan supplier dari bumi industri,” ujarnya lagi.

Inabuyer adalah sebuah pameran upaya B2B2G (business to business to government) yang diselenggarakan oleh Kementerian Koperasi dan UKM bekerja sama dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) dan Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo).

Pameran ini menjadi wadah bagi para buyer (pembeli) dari beragam sektor, termasuk pemerintah, BUMN, dan swasta, untuk berjumpa dengan supplier (pemasok) dan UMKM yang menawarkan produk dan jasa berbobot tinggi dari Indonesia.

Penyelenggara menargetkan pameran Inabuyer jenis kedua ini dapat membukukan transaksi Rp2 triliun.

Menurutnya, penguatan rantai pasok menjadi komponen krusial dalam ekosistem upaya UMKM.

Teten, mengutip info World Economic Outlook IMF, menyebut pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2024 diperkirakan mencapai 5 persen. Namun, hanya 6,3 persen UMKM Indonesia yang terlibat dalam rantai global.

Oleh lantaran itu, kata dia lagi, dibutuhkan sinergi dari beragam pihak untuk meningkatkan kapabilitas pelaku upaya dan memperluas akses pasar melalui pendampingan yang komprehensif.

Ia pun meminta ke para pelaku UMKM untuk memanfaatkan Inabuyer 2024 ini sebagai tempat untuk berjejaring dengan banyak pembeli dan entitas upaya lainnya demi memperluas akses pasar dan rantai pasok.
Baca juga: Menkop UKM terus perkuat rantai pasok UMKM
Baca juga: Kemenkop UKM gelar Inabuyer Expo, targetkan transaksi Rp2 triliun

Abdul Kadir
Editor: Mahfud
Copyright © BERITAJA 2024







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close