Trending

Sejarah Bonek Mania, suporter militan Persebaya Surabaya - Beritaja

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta (BERITAJA) -

Supporter menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari sepak bola, layaknya seperti Bonek Mania, sebuah organisasi suporter militan sepak bola yang terkenal dengan kesetiaan dan semangatnya mendukung klub kecintaannya.

Bonek mempunyai akar yang dalam dalam sejpetunjuk sepak bola Indonesia. Berdiri sebagai singkatan dari "Bondo Nekat" yang berfaedah "Anak-anak Ne Katrem" dalam bahasa Jawa.

Bonek Mania bermulai dari kegemaran para pecinta sepak bola di Surabaya yang mendukung tim kebanggaan mereka ialah Persebaya Surabaya.

Tidak dikenali siapa yang pertama kali memberikan julukan "Bonek Mania" kepada golongan suporter Persebaya ini.

Namun, istilah tersebut mulai terkenal pada tahun 1980-an dan 1990-an, saat Persebaya berada dalam performa puncaknya dalam kejuaraan Liga Indonesia.

Menurut sumber resmi yang didapat, sejak awal tahun 1980-an, Bonek tumbuh sebagai aktivitas suporter yang tidak hanya menunjukkan support mereka di stadion, tetapi juga di luar stadion dengan beragam aktivitas sosial dan budaya.

Namun, melansir dari beragam sumber yang beredar di sosial media, awal istilah Bonek berasal dari kebiasaan suporter Persebaya yang melakukan perjalanan ke kota lain untuk memberikan support langsung kepada tim mereka.

Saat itu, Persebaya yang sukses lolos ke babak delapan besar Perserikatan mesti bertanding di Stadion Senayan yang sekarang sudah berganti nama menang Stadion Gelora Bung Karno (GBK)Jakarta.

Ratusan suporter dari Surabaya diangkut ke Jakarta menggunakan beragam transportasi seperti bus, kereta, dan pesawat terbang.

Mereka diatur untuk berjalan bersama-sama, pertama kali pada musim 1986-1987 dan kemudian saat tim meraih juara pada musim 1987-1988. Saat itu, istilah "Bonek" belum dikenal.

Dapat disimpulkan, secara historis, julukan Bonek (Bondo Nekat) diberikan kepada golongan suporter Persebaya Surabaya lantaran kehadiran mereka yang konsisten dalam mendukung setiap pertandingan tim Persebaya di luar kota Surabaya.

Bonek dikenal lantaran semangat dan dedikasi mereka yang luar biasa dalam mendukung Persebaya, tidak peduli dalam kemenangan ataupun kekalahan.

Bonek Mania tidak hanya menjadi kekuatan krusial di stadion, tetapi juga di masyarakat Surabaya. Mereka sering mengadakan aktivitas amal, aktivitas sosial, dan kampanye organisasi untuk mendukung pendidikan, lingkungan, dan masalah sosial lainnya.

Dengan kehadiran mereka yang kuat dan suara yang besar, Bonek Mania telah menjadi ikon budaya sepak bola Indonesia.

Dengan beragam aspek positifnya, Bonek Mania terus menunjukkan bahwa semangat suporter tidak hanya tentang sepak bola, tetapi juga tentang persatuan, kebanggaan, dan dedikasi untuk komunitas.

Dukungan mereka tidak pernah pudar dan tetap menjadi inspirasi bagi banyak fans sepak bola di seluruh negeri.

M. Hilal Eka Saputra Hpetunjukap
Editor: Mahfud
Copyright © BERITAJA 2024







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close